BPBD Gelar Rakor Siaga Bencana - Kabar Bima

BPBD Gelar Rakor Siaga Bencana

Bima, KB.- Dalam rangka kesiapsiagaan  menghadapi bencana diperlukan perhatian yang lebih serius pada aspek penanggulangan bencana yang mengutamakan upaya koordinasi lintas sektoral dengan Instansi terkait, untuk memimalisir dampak dari bencana, seperti kerugian materil, korban jiwa serta kerusakan sarana dan prasarana umum lainnya.

Senin, (22/05/2017) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana, dalam upaya pengurangan risiko bencana. Rakor tersebut pelaksanaannya di ruang rapat kantor setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Bima, Ir. H. Taufik Rusdy mengatakan, Rakor  itu menghadirkan  beberapa instasi mulai dari Kepala Desa, Camat, dan Dinas terkait. Hasil rakor akan dibawa ke Kementerian tekhnis seperti Kementerian Perumahan dan Pemukiman, Kementerian Sosial, Ekonomi, dan lainnya.

Lanjutnya,  dari BPBD akan menyusun rencana yang berkaitan dengan perumahan yang terdampak banjir kemarin, untuk direlokasi berdasarkan rekomendasi Camat dan Desa. Adapun lokasi yang terdampak banjir di Kabupaten Bima ada  di beberapa seperti, Kecematan Sape, Wawo, Ambalawi, Wera, Sangar, dan Langudu. 

"Untuk rumah yang direlokasi itu, kita dari BPBD akan memverifikasinya by name by adress. Siapa yang punya nama dan alamat yang jelas dan direkomendasikan oleh Desa dan Camat, itulah yang akan dapat," terangnya  kepada Kabar Bima, Senin (22/05/2017).

H. Taufik menjelaskan, jumlah rumah yang terdampak banjir di Kabupaten Bima tahun 2017 antara lain, yang rusak berat 84 unit, rusak sedang 113 unit, rusak ringgan 240 unit, dan jumlah keseluruhan 437 unit. Dari jumlah rumah tersebut, yang akan direlokasi sebanyak 348 unit.

" Kami sangat butuh bantuan anggaran dari APBN atau Kementerian untuk tahun 2017 ini sekitar Rp. 580 milyar, sedangkan untuk tahun 2018 kita berharap bantuan sekitar Rp. 701 milyar. Anggaran itu, kita akan meminta dari lima sektor di pemerintah pusat seperti, dari Perumahan dan Pemukiman, Infrastruktur, Sosial, Ekonomi Dan Lintas Sektor, itulah yang kita bahas hari ini. Hasil pembahasan hari ini, kita akan bawa ke Badan Nasional Penangulangan Bencana ( BNPB ),"pungkasnya. (KB-05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.