BPJS Kesehatan Sampaikan Pencapain Program JKN-KIS - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

BPJS Kesehatan Sampaikan Pencapain Program JKN-KIS

Kota Bima,KB.- BPJS Kesehatan Cabang Bima, Selasa (22/08/2017) pagi menggelar Konferensi Pers tentang pencapain hasil program Jaminan Kesehatan Nasioanal-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan juga dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.Konferensi Pers tersebut berlangsung di kantor BPJS Kesehatan Cabang Bima.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima Elly Widiani pada Konferensi Persnya menyampaikan, tujuan dari pertemuan ini yaitu, untuk menyampaikan hasil dari perkembangan program JKN-KIS mulai dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2017.

"Jadi kami ingin masyarakat tahu tentang pencapaian program JKN-KIS dan juga kemajuan hasil dari program ini,"ujarnya.

Disampaikannya juga bahwa, Program JKN-KIS ini mulai ada sejak tahun 2014 lalu dan sudah berjalan empat tahun,sampai tahun 2017.

"Kami merasa bersyukur karena program ini mampu bertahan dan perkembagannya pun dari tahun ke tahun semakin maju dan meningkat,"tutur dia.

Kata dia, pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bima yang mencakup Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat, terus mengalami peningkatan.Buktinya saja, sampai dengan 30 Juni 2017 jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Bima mencapai 992.080 jiwa.

Lanjutnya, dari angka tersebut termasuk didalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Kota Bima,sebanyak 3.229 jiwa, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui program Jamkesda, sebanyak 2.817 jiwa, Pemerintah Daerah Dompu melalui program Jamkesda, sebanyak 1.500 jiwa, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui program Jamkesda, sebanyak 45.258 jiwa, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat melalui program Jamkesda, sebanyak 44.697 jiwa.

Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS. Saat ini Kantor Cabang Bima telah bermitra dengan 125 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 70 Puskesmas, 41 Dokter Praktik Perorangan, 3 Dokter Praktik Gigi Perorangan, dan 11 Klinik Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Bima juga telah bekerja sama dengan 9 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 9 Rumah Sakit, 4 Apotek Khusus PRB, serta 7 Optik.

“Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS. Selain komitmen dalam bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan, kedepan kami harapkan peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat, bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Elly Widiani.

Selain itu lanjut dia, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut. Masyarakat yang sebelumnya dapat melakukan pendaftaran di Kantor Cabang, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota, Website, dan Bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Tak cukup sampai disitu, kini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan,Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan, Pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan, melalui Kader JKN serta pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN.

"Pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point of Service di pusat perbelanjaan seperti mall dan tempat perbelanjaan lainnya,"pungkasnya.(KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.