Berikut Susunan Kirab Pasukan Kesultanan Bima di FKN - Kabar Bima

Berikut Susunan Kirab Pasukan Kesultanan Bima di FKN

Cirebon, KB.- Sekitar 80 orang rombongan  dari Kesultanan Bima, tampil dalam kegiatan Kirab Pasukan pada kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke XI tahun 2017 di Kota Cirebon Propinsi Jawa Barat. Kirab Pasukan tersebut dimulai sejak pukul 09.00 wita, hingga pukul 15.00 wita.

Pantauan langsung Kabar Bima, peserta Kirab Pasukan dari seluruh Kesultanan Se Nusantara, berjalan kaki dari titik yang ditentukan menuju Halaman Keraton Kesultanan Kesepuhan Cirebon.

Rombongan Kesultanan Bima berada diurutan star 46.  Pada kirab pasukan tersebut, kesultanan bima memposisikan Bendera Pataka Kesultanan Bima dibagian depan, kemudian sisusul, Rato renda selaku panglima perang untuk memimpin rombongan, disusul X La, kemudian, pasukan suba, Penghulu Melayu, Kerabat Kesultanan, Jeneli, dan prajurit. Selain itu jika diikutsertakan rombongan yang mengenakan baju adat perkawinan, rimpu, dll.

Sesampai di depan panggung kehormatan, Rato Renda sang panglima perang kerajaan melapor ke sultan, kemudian penonton dipukau dengan penampilan Tari Sera, penampilan pasukan Suba, Buja Kadanda oleh Soka Sari serta Hadrah.

Saat itu, pasukan suba beranggotakan 30 orang mengenakan pakaian merah, hitam dan putih. Pasukan Sere mendampingi Kerabat Sultan.

Korlap Kesultanan Bima, Ferdiansyah Fajar Islam ST, mengaku bahwa 30 peserta untuk prajurit, diambil dari siswa SMA di Ceribon. Mengingat keterbatasan anggaran dan personil.

"Selain minjam siswa, kita juga menyewa kuda untuk penampilan di kirab pasukan, karena tidak memungkinkan membawa kuda dari Bima," jelasnya.

Saat kegiatan tersebut Kesultanan Bima merupakan satu satunya Kesultanan yang menampilkan pasukan berkuda. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.