Dinas PUPR Kota Bima Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Ruang - Kabar Bima

Dinas PUPR Kota Bima Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Ruang

Kota Bima,KB.- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bima, Rabu (09/08/2017) pagi menggelar kegiatan Sosialisasi Kebijakan Standar, Aturan, Prosedur dan Manual Pemanfaatan Ruang di Kota Bima. 

Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Ruang.
Kegiatan tersebut berlangsung di aulah kantor Camat Rasanae Barat dan dibuka secara resmi oleh Wakil  Walikota Bima H.Arahman H.Abidin.SE.  Hadir pada kegiatan tersebut, Seretarsis dinas PUPR, BPN, Pol PP,Camat Rasanae Barat dan Tokoh Masyarakat.


Wakil Walikota Bima dalam sambutannya mengatakan, paska banjir, penertiban atau pengendalian pemanfaatan ruang di Kota Bima menjadi isu hangat dan mendesak untuk segera dilakukan.

"Pemanfaatan ruang yang tidak sesuai dengan daya dukung lahan menjadi salah satu faktor penyebab banjir," jelasnya.

Lanjutnya, adapun kaitan antara banjir bandang dengan pola pemanfaatan ruang dan kondisi yang harus dihadapi yakni, pemukiman warga yang mengambil tempat di bantaran sungai, ditambah lagi dengan kawasan hutan masyarakat yang seharusnya berfungsi menjadi daerah resapan air, namun pada kenyataannya, dijadikan area pembangunan. "Juga daerah aliran air yang mengalami penyempitan maupun pendangkalan serta drainase wilayah pemukiman yang tidak dibersihkan,"bebernya.

Menurutnya, semua ini menjadi kombinasi fatal ketika dihadapkan dengan curah hujan ekstrim seperti kondisi pada waktu banjir bandang 2016 lalu.

"Yang bisa kita lakukan sekarang adalah mengambil pelajaran dari kejadian yang sudah terjadi,"terangnya.

Dijelaskannya, salah satu bagian dari program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir adalah penertiban pemanfaatan ruang.  Pada bulan Maret lalu, pemerintah Kota Bima sudah mengadakan Rapat Kordinasi (Rakor) tentang penertiban pemanfaatan ruang dengan didampingi Kementrian PUPR, Bappenas dan Kementrian Agraria.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada dinas PUPR Kota Bima, karena telah menindaklanjuti hal tersebut dengan melaksanakan kegiatan ini,"pujinya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk pemanfaatan ruang yang ada di Kecamatan Rasanae Barat. "Mari kita wujudkan perkotaan Rasane Barat sebagai pusat perdagangan dan jasa untuk skala regional yang didukung simpul transportasi dan sektor parawisata,"ungkap Wakil Walikota pada saat membuka kegiatan sosialisasi.

Kedepan, langkah yang akan dilaksankan yaitu, penataan kawasan pantai dengan pendekatan Kota Tepian Air (Water Front City), penataan simpul transportasi (Kawasan Pelabuhan Laut dan Terminal Akap), rehabilitas kawasan kumuh, peningkatan peran dan fungsi Kawasan Strategis Nasiobal (KSN), Kawasan Strategis Propinsi (KSP) yaitu teluk Bima serta pengembangan kawasan perdagangan dan parawisata.

"Saya berharap semoga kegiatan hari ini dapat dipahami. Sehinga bisa memperdalam pemahaman kita semua untuk mengoptimalisasi pemanfaatan ruang di Kota Bima, khususnya wilayah Rasanae Barat,"harapnya.(KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.