FKN di Cirebon, Rombongan Kesultanan Bima Sempatkan Jiarah di Makam Sultan Salahuddin - Kabar Bima

FKN di Cirebon, Rombongan Kesultanan Bima Sempatkan Jiarah di Makam Sultan Salahuddin

Jakarta, KB.- Sebanyak 60 orang rombongan dari Kesultanan Bima yang hendak menghadiri kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke XI di Kota Cirebon Propinsi Jawa Barat menyempatkan diri berjiarah di makam Sultan Muhammad Salahuddin di Karet Bivak, Jakarta Pusat, sekitar pukul 19.30 wib, Kamis (14/09/2017).

Sebelumnya, rombongan bertolak dari Bima menuju Bandara Internasional Lombok menggunakan Bis. Dari BIL, pesawat yang dinaiki rombongan sempat dellay hingga 3 jam, sehingga nyampa Jakarta hampir malam.

Setelah dari makam Sultan Muhammad Salahuddin, rombongan langsung bertolak ke Kota Cirebon, menggunakan Bus Pariwisata dengan jarak tempuh hampir 5 jam. Rombongan menginap di Hotel Intan yang lokasi tidak terlalu jauh dari lokasi kegiatan FKN. 

Munurut Ruslan (Pendamping Rombongan), di pemakaman Karet Bivak tersebut dimakamkan Sultan Bima ke 14, bersama permaisuri, Siti Aisyah, dan kerabat sultan lainya seperti, Siti Kalisom, Siti Johar, dll. "Sultan Muhammad Salahuddin merupakan Sultan Bima ke XIV, yang meninggal pada tanggal 11 Juli 1951," jelasnya.

Lanjutnya, rombongan rencananya akan mengikuti rangkaian kegiatan dari tanggal 15 hingga 19 September 2017, dengan rangkaian kegiatan mulai dari Welcome Diner yang akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan.

"Kegaiatan lainnya, seperti kirap prajurit keraton, pameran benda pusaka, pameran naskah, pentas kesenian, tour keliling(city tour), dll," ujar Alan Malingi pendamping Rombongan Kesultanan Bima usai jiarah makam.

Kegiatan FKN rencananya akan ditutup secara resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.(KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.