KPU Fasilitasi Pemilihan Osis di Kabupaten Bima - Kabar Bima

KPU Fasilitasi Pemilihan Osis di Kabupaten Bima

Bima, KB.- Untuk yang kesekian kalinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima memfasilitasi pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Kabupaten Bima. Mulai dari pemilihan ketua OSIS tingkat SLTP Hingga tinggat SMA.

Debat Kandidat Calon Ketua Osis SMAN 1 Wera.
Selasa, (12/09/201) pagi tadi, SMA Negeri 1 Wera  menggelar tahapan pemilihan ketua OSIS masa bakti 2017-2018 layaknya Pemilihan Umum (pemilu). Kegiatan ini didukung oleh KPU Kabupaten Bima. Bahkan, sejumlah properti KPU dipinjamkan pada proses pemilu ketua OSIS. Tidak hanya itu, KPU juga menyediakan kertas suara untuk pemilihan ketua OSIS.

Kepala SMAN 1 Wera, Siti Rohani, S.Pd mengatakan, pemilihan umum ketua OSIS secara langsung juga dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi kepada siswa yang merupakan pemilih tetap. Tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi bagi para siswa yang akan menjadi pemilih pemula.

"Ini memang programnya KPU juga, namun tujuannya untuk memberikan pembelajaran bagi siswa- bagaimana berdemokrasi dan mengerti tentang tahapan Pemilu.  Sehingga pada waktunya nanti, mereka sudah mengerti tahapan dan dan bagaimana cara pemilihan yang baik," jelasnya.

“Hari ini baru tahupan debat kandidat, hari Sabtu baru dilaksanakan pemilihan. Ada tiga kandidat yang ikut mencalonkan diri," tambahnya.

Anggota KPU  Kabupaten Bima saat pendapingan Debat Kandidat
Pemilihan Ketua Osis di SMAN 1 Wera.
Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bima, Muhammad Waru yang dikonfirmasi Kabar Bima menjelaskan, tujuannya dari pendampingan tersebut untuk proses pembelajaran tahap awal bagi pemilih pemula, tentang pesta demokrasi. Dan prosesnya seperti pemilu, karena seluruh prosesnya adalah proses saat pemilihan umum. 

"Ini tahun kedua kami memberikan pendapingan kepada pemilihan ketua OSIS. Tahun ini jumlahnya lebih banyak sekitar 30 lebih sekolah baik SLTP maupun SMA. Dan yang sudah positif saat ini sudah ada 22 sekolah yang mengirimkan nama kandidat dan jumlah pemilihnya," jelasnya.

Menurutnya, hingga saat ini baru dilakukan pendampingan pada tahapan Bimtek KPPS menjelang pemilihan dan Debat Kandidat. Pemilihannya baru dimulai hari Kamis di SMA 1 Bolo. Untuk Besok akan dilakukan pendampingan pada tahapan Bimtek di SMA 1 Donggo SMKN 5 Rora, SMAN 1 Bolo, SMAN 2 Bolo, SMA 1 Madapangga dan SMAN 1 Soromandi
 SMA 1.

Lanjutnya, tahun ini KPU menargetkan seluruh sekolah SMA di Kabupaten Bima, termasuk SLTP, namun yang sudah positif nengirimkan darftar calon dan jumlah pemilih baru 22 sekolah.

"Malam ini kami memanfaatkan kesempatan pada acara Mbolo Weki di Desa Runggu Kecamatan Palibelo, untuk sosialisai tahapan pemilihan gubernur dan pemilihan serentak tahun 2019," tuturnya. (KB-01)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.