Pelaksanaan Program STBM di Palibelo Sudah Mencapai 84 Porsen - Kabar Bima

Pelaksanaan Program STBM di Palibelo Sudah Mencapai 84 Porsen

Bima, KB.- Pelaksanaan Program Sanitasi Total Berbasi Masyarakat (STBM) di pedesaan khususnya di Kecamatan Palibelo semakin menunjukan perkembangan yang sangat signifikan. Pengerjaan fisik dari program tersebut saat ini sudah mencapai 48 porsen.

Dr.Titin Sumarni saat membuka
kegiatan pelatihan pembuatan jamban sehat.
Pencapaian Program STBM ini tidak terlepas dari sinergitas, kolaboratif, kemitraan lintas sektor dan partisipasi juga keterlibatan masyarakat.

"Strategi Program STBM ini, sekarang sudah meningkat dibanding tahun lalu,"ujar Kepala Puskesamas Palibelo Dr.Titin Sumarni saat membuka kegiatan pelatihan pembuatan jamban sehat yang berlangsung di aula Kantor Kecamatan Palibelo, Selasa (19/09/2017).

Dengan adanya program ini tambah dia, dapat mengurangi jumlah penduduk pedesaan yang melakukan praktek Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

"Alhamdulilah masyarakat di pedesaan sekarang sudah punya kesadaran dengan tidak BAB sembrangan,"tuturnya.

Dikatakannya, betapa pentingnya akses sanitasi di wilayah perdesaan, sebab progran STBM ini tinjauan kesehatan dapat membuktikan bahwa Program ini layak dan juga dapat mencegah  faktor penyebab penularan berbagai penyakit seperti diare, kolera, disentri, hepatitis A, tifus, polio dan terhambatnya pertumbuhan pada Balita.

"Intinya program ini, sangat bermanfaat bagi keberlangsung hidup dan kesehatan masyarakat,"jelasnya.

Warga Tonggorisa, Syafrudin  menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Puskesmas Palibelo yang sudah memfalisitasi program ini. Sehingga masyarakat di perdesaan bisa tahu tata cara dan pola hidup sehat dengan membuat jamban sehat.

"Ini merupakan upaya pemerintah dalam mengoptimasl pembaguan sektor sanitasi yang layak demi meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat,"pungkasnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.