Pernikahan di Soromandi, Kedua Pengantin dan Undangan Dipisahkan Tirai - Kabar Bima

Pernikahan di Soromandi, Kedua Pengantin dan Undangan Dipisahkan Tirai

Bima, KB.- Banyak keanehan dan Keunikan yang dilakukan oleh manusia. Bahkan dalam acara pernikahanpun, manusia punya cara masing-masing dalam mengabadikan proses pernikahannya.

Pernikahan Terhalang Tirai.
Seperti yang terjadi pada sebuah pesta pernikanan di Dusun Wonto Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Pernikahan Pasangan Rosdiana asal Dusun Wonto Kecamatan Soromandi dan Muhammad Nasir asal Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima berlangsung di Lapangan dusun Wonto pada Minggu ( 10/09/2017).

Ada yang aneh dan unik dalam pernikahan mereka. Karena prosesi pesta pernikahan keduanya tidak berjalan seperti pesta pernikahan pada umumnya. Pernikahan pasangan muda yang diketahui mengikuti kajian Hizbut Tahrir ini sangat berbeda. Dimana sepasang pengantin ini, harus duduk terpisah dan dihalangi oleh tirai yang membentang panjang.

Tidak hanya pengantin pria dan wanita yang dipisahkan oleh tirai, undangan pun harus dipisahkan oleh tirai antara undangan pria dan wanita. Ketika memberikan doa restu pun harus dilakukan secara terpisah. Yang pria memberikan doa restu atau jabat tangan dengan pengantin pria, begitupun sebaliknya. Bagi warga setempat, itu dianggap hal aneh. Karena baru pertama terjadi di desa setempat, sementara daerah lain pernah terjadi.

"Saya kaget pas menghadiri undangan tersebut. Tidak hanya saya, semua undangan juga kaget, kesannya aneh karena ini baru pertama kali terjadi di Kecamtaan Soromandi atau mungkin di Bima," ujar Aidin usai menghadiri undangan tersebut.

Menurut Aidin, resepsi pernikahan tersebut hanya dipandu oleh satu orang Master Of Ceremony (MC), sehingga panitia kesulitan mengaturnya. Karena undangan pria dan wanita sama-sama memberikan ucapan selamat secara bersamaan, namun terhalang tirai.

"Pengantin pria didampingi oleh orang tua laki-laki si pengantin pria dan orang tua laki-laki dari pengantin wanita. Begitu juga dengan pengantin wanita didampingi orang tua perempuan dari pengantin pria dan wanita," bebernya.

Menurut Aidin, saat itu banyak undangan yang mempertanyakan cara pernikahan yang paling aneh dan unik tersebut. Bagi mereka itu aneh, karena baru pertama melihat pernikahan yang dipisahkan dengan tirai. Karena biasanya pesta digelar berbaur antara laki-laki dan pria, bahkan dihibur orgen tunggal.

Pihak keluarga yang berhajat yang hendak dikonfirmasi belum berhasil ditemui. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Bima, resepsi pernikahan tersebut dirancang sesuai keinginan kedua mempelai yang sama-sama mendalami kajian agama (Hizbut Tahrir.red). (KB-01)




51 komentar:

  1. Udh banyak min yg nikah kyk gitu, ya memang aneh bagi yg baru lihat, padahal begitulah nikah yg syariah, tamu undangannya di pisah antara yg laki dan yg perempuan, agar tidak ada campur baur,..

    BalasHapus
  2. Wartawan dan media ini yang aneh, kurang gaul dan kurang piknik. Mereka Muslim yang menjaga kehormatan, dan dalam Islam memang harus dipisah jamaah laki dan perempuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin berbeda agama.
      Maknanya buat dia aneh, malah terkesan "menggoreng" juga nii admin

      Hapus
  3. Aduh min.. Makanya ngaji biar ga menganggap apa2 yang dari islam itu aneh..

    BalasHapus
  4. iTU sesuai tuntunan... Sesuai sunnah. makanya ngaji

    BalasHapus
  5. Yg aneh tuh org Islam tp melakukan campur baur antara pria dan wanita apalagi sambil ada organ tunggalnya mk aterjadilah pncapuran antara hak dan yg batil

    BalasHapus
  6. Yg aneh tuh org Islam tp melakukan campur baur antara pria dan wanita apalagi sambil ada organ tunggalnya mk aterjadilah pncapuran antara hak dan yg batil

    BalasHapus
  7. hahahahah kasihan adminnya ketingalan zaman uchuchuchuch
    maaf ye min yeee ngomong ane kayak gitu soalnya ente sih bilang anehbpadahal wajar kok udah banyak yang nikah kayak gitu

    BalasHapus
  8. Makanya hayuu pelajari Islam terus menerus sampai mati. Jangan hanya di sekolah aja :)

    BalasHapus
  9. itu bukan cuma dari kajian HTI..pelaksanaan yang biasa ya yg kyak gitu.. pelaksanaan walimah yang aneh tu yg dicampur bawur itu... kebalik kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin kurang piknik,,, tau nya HTI doang

      Hapus
  10. Assalamu alaikum. Sepertinya yang menganggap aneh belum mengerti tentang agama Islam sebagaimana yang menulis berita tersebut. Setiap yang mangamalkan Islam jangan langsung maen tuduh HTI aja. Dan kalau tidak paham tentang Islam jangan buru-buru memandang buruk dan baik sesuatu sebelum dipastikan bagaimana hukumnya dalam Islam. Undangan terpisah antara laki-laki dan wanita itu sesuai ajaran Islam yang mengharamkan campur baur laki-laki dan perempuan yang bukan mahram. Syukron

    BalasHapus
  11. Terkait dengan dugaan mempelai adalah anggota HTI. Maka ana katakan bahwa dugaan ini yang SALAH BESAR. Tidak layak langsung masuk berita kabarbima sebelum dipastikan kebenarannya. Sebab yang model pernikahannya seperti itu terlalu banyak. Dan ana mengenal mempelai pria itu yang bukan anggota HTI. Ana sarankan agar penulis berita banyakin jalan-jalan di dunia organisasi biar ga sembrono menuduh orang. terlebih yang dikritisi sesuai ajaran agama Islam.

    BalasHapus
  12. Min ngaji, mungkin yang nulis beritanya gak punya bahan berita lagi, yg biasa disebut luar biasa.

    BalasHapus
  13. Retingnya pengen naik kayanya ... :D

    BalasHapus
  14. Kita Contoh Acara Pernikahan seperti itu demi membangkitkan Ajaran Nabi Muhammad. S.A.W dan #bongkar kebiasan lama

    BalasHapus
  15. Xa..Xa... admin nggak update bin jadul bin kurang kaji, moga aja bukan muslim. Itu bukan hanya ajaran HTI, sy bukan HTI tetapi muslim juga demikian min,,,, Dalam jaran islam dilarang "berikhtilat" atau bercampur baur antara lelaki dan wanita bukan muhrim. #kembaliislamkaffah#

    BalasHapus
  16. Islam itu awal kedatangannya dianggap asing, dan kelak di akhir zaman akan kembali dianggap asing, maka berbahagialah orang-orang yang dianggap asing. Hr. Ahmad

    Dan hal ini terbukti dengan merasa asingnya admin kabarbima dot com terhadap ajaran Islam yg sesungguhnya.

    BalasHapus
  17. Ndak ada yang aneh, emang itulah aturan Islam yang sesungguhnya.Perlu banyak referensi sebelum mempublish sesuatu.

    BalasHapus
  18. Atau mungkin karena si mimin kurang referensi, hanya seputaran bima saja mainnya. Coba atuh jalan2 juga keluar daerah, belajar lebih giat lagi.
    Setahu saya, dalam ajaran islam itu ya sudah seperti itu...

    BalasHapus
  19. hahaha.. kasihan sekali adminnya.. mending dihapus aja daripada dikira aneh..

    BalasHapus
  20. Etdah min :D,
    Kita Doakan semoga Kedua mempelai menjadi keluarga sakinah mawaddah warohhmah, dan syariat islam semakin meluas di nusantara

    BalasHapus
  21. belajar dulu lh bang admin jangan asal tulis aja gitu. Kn lucu jadinya.. hehehe

    BalasHapus
  22. Adminnya kurang piknik dan kurang minum aqua yaa... Di jawa maah buanyaakkj min... Di makassar jg ada... Admin aja yg ga update...

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, jika pernikahannya sesuai Sunnah, dulu Kami menikah jg terpisah. Kami dulu sama-sama ngaji di HTI. Memang Kami diajarkan untuk memisahkan laki-laki wanita dalam kegiatan-kegiatan khusus seperti pernikahan. Ajaran ini BUKAN ajaran HTI, melainkan ajaran Syariah Islam yg dipelajari tidak hanya di HTI, namun di semua organisasi Islam yg berpedoman pada al Qur'an dan as Sunnah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. adminnya aja yg kurang piknik.. seolah2 ini ajaran HTI dan aneh pula.. apanya yg aneh memisahkan laki2 dan perempuan? Justru ini yg paling sesuai syariat

      Hapus
  24. Terbukti walaupun HATI sudahtdk diterima keberadaannya tapi hasil dakwahnya ttp ada..

    BalasHapus
  25. assalamu 'alaikum, admin hendaknya bertanya dulu, "ini syariat walimah min, kalo aneh memang, rosulullah SAW bersabda, islam datang dalam kondisi yang terasing dan di akhir jaman akan kembali menjadi terasing, berbahagialah yang terasing"... ini bukan ajaran HTI, ini memang syariat islam untuk walimah... belajar lagi min...

    BalasHapus
  26. Adminnya muslim atau bukan sih hehehe

    BalasHapus
  27. Admin admin kalau kamu Islam patut dipertanyakan keislamanmu, kalau non muslim wajar tidak tahu, yg jadi masalah itu klaim sepihak bahwa Yg nikah mengikuti pengajian HTI, jangan sampai asumsi yang salah ini menjadi dasar buat menjust seseorang disebut anggota HTI lalu di proses karena oleh pemerintah HTI sudah di bubarkan.

    BalasHapus
  28. Minum Aqua dulu miin

    BalasHapus
  29. yg aneh yg nyebar berita ini gannn!! gimana tidak aneh? wong sudah difilmkan di Sang Pencerah pernikahannya kiayi Dahlan pendiri Muhammadiyah gimana! bukan hanya HTI aja! pernikahannya kiayi pendiri NU juga gitu! itu pernikahan syar'i kali bukan aneh! yg aneh adalah penyebar beritanya ini! penyebarnya orang islam atau baru tahu hukum islam? payah!

    BalasHapus
  30. Alhamduillah, ternyata para pembaca berita ini, mayoritas nya udah paham tetang bagaimana seharusnya walimah yang tidak melanggar batasan2 syar'i smg jadi instropeksi bagi admin nya untuk lebih memperdalam ajaran islam yang sebenarnya.

    Untuk kedua Mempelai ana Ucapkan : Barokallohulak wabaroka 'alaik wajama'a bainakuma fii hhoir

    BalasHapus
  31. MasyaAllah ini baru luar biasa..
    Semoga bsa contoh pernikahan ini..

    BalasHapus
  32. Judulnya jgn pake kata aneh dunk min, unik bolehlah. Cara nikah begini jg bukan hanya pengikut hizbuttahrir aja koq aliran lain jg byk yg gini min. Tujuannya kan agar para tamu yg bukan muhrim tdk bercampur min

    BalasHapus
  33. Admin harus belajar banyak tentang islam...sehingga ngga aneh dengan ajaran agamanya sendiri...

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah semakin banyak yang menginginkan syariat Islam, termasuk dalam melaksanakan resepsi. :)

    Silahkan Admin Kabar Bima pelajari kitab Nizham Ijtima'i untuk mengetahuinya lebih lanjut.

    BalasHapus
  35. Adminnya kagak pernah ikut kajian nih pastinya. Atau cuma ikut kajiannya ustad artis yg hny gelak tawa tanpa ilmu. Hihi
    Kasian. Syariat Islam kok dianggep aneh. Lucu lu min.

    BalasHapus
  36. Lhooo..Ini anehna dimana??
    Wartawan media ini bisa beri saya penjelasan???

    BalasHapus
  37. masyaAllah...jika melihat bagaimana media saat ini, maka kita sebenarnya tidak akan kaget dengan acara resepsi pernkahan saudari kita Rosdiana dan saudara kita M.Nasir dari desa Ronto karena ini sudah menjadi kebiasaan dari berbagai msyarakat di Indonesia yang mengetahui bahwa cara inilah yang sesuai dengan Al quran dan As Sunnah, dengan melihat adanya campur baur (berdempetya/ terjadinya himpit-himpitan antara laki2 dan perempuan yang bukan muhrim) yang terjadi pada saat laki2 dan perempuan masuk dalam sebuah ruangan dalam satu pintu. Jika kita membaca buku fikih wanita keluaran/terbitan menteri Agama Pemerintah Saudi Arabia maka kita akan mendapati bahwa kenapa antara pintu masuk laki2 dan perempuan di dalam masjid dipisahkan? hal ini disebabkan karena untuk menghindari himpit-himpitan/huru-hara yang terjadi antara laki2 dan perempuan di dalam masjid. begitu pula dengan para masyarakat yang berhaji di Mekah ketika memutari ka'bah sebanyak 7x.maka ketika banyak laki2 yang berada didekat batu hitam di ka'bah, tidak harus perempuan mengitarinya pada posisi didekat batu hitam karena di usahaka untuk menyentuh/berada dekat dengan batu hitam tersebut, hingga cukup dengan mengitari ka'bah di tengah atau bahkan di pinggirnya untuk menghindari dempetan/himpitan/huru-hara yang terjadi antara laki2 dan perempuan (silakan membaca buku fikih wanita). semoga ditempat2 yang juga seperti itu...amin ya Rabb...

    BalasHapus
  38. nih admin aneh deh, yang nikah di pisah itu bukan ajaran HTI tapi ajaran islam, banyak juga yang ngaji di selain HTI yang nikahnya kaya gitu

    BalasHapus
  39. Adminnya yg aneh, apa memang baru keluar dari goa... Shalat saja di pisah antara ikhwan dan akhwat...

    BalasHapus
  40. Aiih... admin aneh. Acara walimahan yang lumrah ini mah. Aneh kalo walimahan seperti itu disebut aneh wkwkwk...

    BalasHapus
  41. Mas admim,,,, gaul donk... masaa gitu aja ketinggaln zaman, uda sejak zaman rosul gitu mas

    BalasHapus
  42. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.