SMKN 4 Bima Adakan Pemilihan Ketua OSIS Ala Pilkada - Kabar Bima

SMKN 4 Bima Adakan Pemilihan Ketua OSIS Ala Pilkada

Bima, KB.- Sabtu, (23/09/2017) kemarin, SMKN 4 Bima menggelar pemelihan ketua OSIS. Uniknya, pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tersebut dilaksanakan layaknya pemilihan kepada daerah (Pilkada). Karena seluruh prosesnya difasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima.

Salah seorang siswi SMKN 4 Bima usai mencoblos,
dan memasukan kertas suara kedalam peti suara.
Kepala SMKN 4 Bima, M.Rifial Akbar, SE.AL kepada Kabar Bima mengatakan, kegiatan ini didukung oleh KPU Kabupaten Bima. Bahkan, sejumlah properti KPU dipinjamkan pada proses pemilu ketua OSIS tersebut. Tidak hanya itu, KPU juga menyediakan kertas suara untuk pemilihan ketua OSIS.

Katanya, pemilihan umum ketua OSIS  tujuannya untuk memberikan pendidikan demokrasi pada siswa yang nantinya akan menjadi pemilih pemula. Karena seluruh prosesnya adalah proses saat pemilihan umum. 

"Ini memang programnya KPU. Namun pihak sekolah juga merespon baik program ini dengan tujuan memberikan pembelajaran pada siswa, bagaimana berdemokrasi dan mengerti tentang tahapan Pemilu.  Sehingga pada waktunya nanti, mereka sudah mengerti tahapan dan dan bagaimana cara pemilihan yang baik," jelasnya.

Siswa saat mengantri sebelum memberikan hak suara.
Lanjutnya, seluruh proses pemilihan dilakukan seperti pemilihan umum, mulai dari sosialisasi, kampanye, debat calon hingga proses pencoblosan di TPS, perhitungan suara dan lainnya.

Di SMKN 4 Bima ada 3 kandidat pasangan calon yang mengukuti kompetisi pemilihan umum. Diantaranya, nomor urut 1 Susi Susanti dan Sahrul Saban, nomor urut 2 Daniati dan Wahyudin dan pasangan nomor urut 3 Putri Cindarsari dan Ahmad Hidayatullah.

"Dari 473 siswa SMKN Bima, hanya setengah yang hadir dan memberikan hak suara. Sehingga pemilihan tersebut dimenangkan oleh pasangan nomor urut 1 Susi Susanti dan Sahrul Saban dengan perolehan 109 suara. Kemudian disusul pasangan nomor urut 2  dengan perolehan 74 suara dan pasangan nomor urut 3 hanya memperoleh 35 suara,"bebernya(KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.