Tanah Eks Jaminan Pemkab Bima Mulai Dilelang Bulan ini - Kabar Bima

Tanah Eks Jaminan Pemkab Bima Mulai Dilelang Bulan ini

Bima, KB.- Ratusan hektar tanah eks jaminan milik pemerintah Kabupaten Bima mulai dilelang bulan ini. Hal tersebut disampaikan Kasubag rumah tangga bagian Umum Setda Kabupaten Bima, Kasmir, S.Sos kepada Kabar Bima beberapa hari lalu.

Kasmir, S.Sos
Menurutnya, pemerintah Kabupaten Bima tahun ini melakukan pelelangan tanh-tanah tersebut lebih awal, untuk meminimalisir masalah yang akan terjadi. Karena sebelumnya pelelangan dilakukan pas masuk musim tanam. Nah untuk tahun ini sebelum masuk musim tanam, tanah-tanah tersebut harus sudah selesai dilelang.

"Sengaja kami lakukan pelelangan lebih awal. karena pengalaman tahun lalu yang rentan terjadi masalah. Sebab tahun lalu, sampai hari ini belum ada yang bayar sewa tanah. Mungkin dengan dilakukan pelelangan lebih awal, dapat meminimalisir masalah," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjutnya, saat ini tahapannya sudah pada pembentukan panitia lelang dan pokja. Selain itu juga dilakukan penataan tanah-tanah bermasalah dan yang masih berstatus qou.

"Insya allah bulan ini akan dimulai proses pelelangannya, tim sedang bekerja untuk pendataan tanah-tanah yang akan dilelang," janjinya.

Kata Kasmir, untuk tahun ini prosesnya ada sedikit perubahan dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun sebelumnya, peserta harus membayar setengah dari harga standar penawaran. Maka tahun ini rencananya akan dilakukan pembayaran dimuka sesuai harga penawaran bukan harga standar. 

"Untuk menghindari calo, maka kami akan menetapakan sistem bayar dimuka. Peserta lelang harus membayar secara keseluruhan dimuka sesuai dengan harga penawaran, tidak lagi bayar setengah seperti tahun sebelumnya. Karena tahun kemarin, setengah harga itu ada yang belum bayar sampai sekarang," tuturnya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.