Wakili Bupati, Asisten II Buka Bimtek Manajemen Pengelolaan Koperasi - Kabar Bima

Wakili Bupati, Asisten II Buka Bimtek Manajemen Pengelolaan Koperasi

Bima, KB.- Bupati Bima Yang diwakili oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bima, Ir. H.Nurdin membuka secara resmi kegiatan Bimtek Manajemen Pengelola Koperasi / KUD angkatan III yang berlangsung di aula hotel La Ila Kota Bima, Senin (25/07/2017).


Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima beserta para kepala Bidang, Para Tutor / pengajar serta para peserta bimtek yang berasal dari 30 Koperasi / KUD yang mengelola Manajemen Koperasi. 

Ir. H. Nurdin dalam arahannya menyampaikan, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Koperasi dan UMKM  secara berkelanjutan telah melakukan pemberdayaan kepada Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, baik dalam bentuk permodalan maupun pemberian bantuan peralatan usaha. 

"Bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan kita dalam rangka membangun dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bima," tuturnya.
 
Untuk itu melalui kegiatan ini, tentunya akan sangat bermafaat bagi peningkatan kapasitan Sumber Daya Manusia (SDM) gerakan koperasi sehingga dapat membangun dan memperkuat potensi gerakan koperasi dan usaha kecil dan menengah dalam menghadapi eras globalisasi dan pasar bebas dan masyarakat ekonomi asia yang serba kompetitif.
Lebih lanjut dikatakannya, dari beberapa informasi pembangunan ekonomi nasional yang kita ketahui bersama, bahwa pelaku usaha saat ini sebanyak 0,47% dari jumlah penduduk. Kondisi ini jauh dari harapan bila dikaitkan dengan keinginan kita membuka dan menciptakan lapangan kerja sendiri dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan yang ada. 

"Kondisi ini tidaklah mengherankan, ada banyak potensi ekonomi yang bisa diusahakan secara produktif terlewatkan. Atas dasar pemikiran dan permasalahan diatas, maka pertumbuhan sejumlah potensi usaha dan mengoptimalkan peran wira usaha baru daam percaturan globalisasi saat ini harus mampu tampil dan bersaing dalam menghadapi itu semua," tandasnya.
 
Ir. H. Nurdin berharap, semoga dengan adanya bimtek ini para pelaku dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para tutor sehingga kedepan para pelaku usaha dapat melaksanakan kegiatan dan menjalankan usaha koperasi dengan baik dan akan bertambah maju sekaligus upaya kita bersama dalam membangun daerah kita.
Menurut Kabid Kelembanggaan dan Pemberdayaan pada Diskop dan UMKM Kabupaten Bima Asamad, S.Sos, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan SDM dalam pengelolaan manajemen koperasi. Sehingga dengan adanya kegiatan ini maka para pengelola dapat mengelola koperasi dengan baik dan maju. 

"Direncakanan kegiatan ini dilangsungkan selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 25 s/d 26 September 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang pengelola koperasi yang ada di Kabupaten Bima. Sementara  para tutor berasal dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima," terangnya. (KB-01) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.