Bupati Bima : Tetap Teguh Menjaga Pancasila - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Bupati Bima : Tetap Teguh Menjaga Pancasila

Bima, KB.- Pada saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2 Oktober 2017, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengajak para ASN untuk mengambil hikmah dan mengenang kembali tragedi berdarah 30 September 1965 yang menewaskan para pahlawan Revolusi. 

Hj. Indah Dhamayanti Putri
Dikatakannya, peristiwa itu adalah bentuk upaya untuk mengganti dasar negara dan falsafah Pancasila dengan ideologi Komunis. Namun berkat Rahmat Allah yang maha kuasa serta perjuangan dan doa dari seluruh bangsa Indonesia, pancasila tetap menjadi dasar negara serta falsafah hidup bangsa dan negara kita hingga kini. 

Untuk itulah, pada setiap tanggal 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017 mengangkat tema "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil Dan Makmur". 

"Tema ini sejalan dengan semangat kita untuk terus berikhtiar menjalin kebersamaan sesuai nilai-nilai luhur pancasila yang merupakan warisan pengalaman para leluhur kita. Dimana nilai-nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan senantiasa menjadi pedoman dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Semua itu tentu dilandasi oleh nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan di dalam butir pancasila yang selama ini menjadi fondasi kehidupan kita,” ungkapnya. 
   
Pada kesempatan itu juga, Bupati Bima berharap kepada para ASN dan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap meneguhkan komitmen bersama menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa. 


Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila cukup lengkap dan universal. Sila-sila Pancasila yang sering dibacakan pada setiap apel dan upacara diharapkan akan dapat menginspirasi kita semua untuk bertindak dan berperilaku Pancasilais yaitu pribadi yang taat kepada perintah tuhan dan menjauhi larangannya, pribadi yang berperi kemanusiaan, pribadi yang menjunjung tinggi persatuan dan musyawarah, serta pribadi yang menunjung tinggi nilai-nilai keadilan menuju kesejahteraan bersama.(KB-01)  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.