DP3AP2KB Evaluasi Program Tiap Bulan - Kabar Bima

DP3AP2KB Evaluasi Program Tiap Bulan

Bima, KB.- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima melakukan rapat evaluasi program setiap bulan. Rapat evaluasi program tersebut dilakukan setiap akhir bulan di aula kantor setempat.
"Terakhir kita rapat evaluasi pada akhir bulan September kemarin, " ujar Drs. Hafid,  Kabid Informasi dan Pengembangan Data kepada Kabar Bima, Selasa (28/11/2017) saat ditemui di ruang kerjanya.
Rapat evaluasi bulanan tersebut diikuti oleh 90 peserta,  diantaranya seluruh KUPT, Kasubag TU, dan PKB/PLKB.
Menurutnya,  dalam kegiatan tersebut ada beberapa program yang dievaluasi,  diantaranya, evaluasi pencapaian program Kepedulian Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Pelayanan KB Baru. 
"Disamping evaluasi program setiap bulan, juga sebagai ajang silaturrahmi sesama pegawai lingkup DP3AP2KB, "jelasnya. 
Tujuan evaluasi tersebut untuk mengetahui adanya peningkatan pencapaian program setiap bulan. "Tetap ada peningkatan tiap bulannya dari yang ditargetkan, itu diketahui berdasarkan laporan bulanan, "sebutnya. 
Lanjutnya,  dari laporan bulanan tersebut diketahui pencapaian peserta KB baru sampai bulan September 2017 sebesar 5.292 aceptor dari yang ditargetkan satu tahun sebesar 10.388 aceptor.
"Artinya sampai bulan September baru mencapai 50.94%,"jelasnya. 
Sementara untuk pencapaian peserta KB aktif sampai bulan September 2017 mencapai 75.792 aceptor atau 79.51% dari jumlah pasangan usia subur sebanyak 95.318 aceptor,  yang terdiri dari masing-masing kecamatan. 
"Jumlah itu yang tersebar di 18 kecamatan. Jumlahnya selalu bertambah setiap tahunnya, mengingat banyaknya pasangan baru melahirkan dan minat masyarakat untuk menggunakan KB masih cukup besar, "terangnya. 
Selain yang disebutkan diatas,  hal lain yang dievaluasi  setiap bulan nya adalah program ketahanan keluarga,  program Bina Keluarga Balita (BKB) yang tersebar di 191 desa,  program Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera dan program pusat informasi kesehatan reproduksi remaja. 
"Dalam menjalankan program tersebut,  petugas PKB/PLKB, dibantu oleh petugas lain seperti  PPKBD dan Sub PPKBD di masing-masing dusun sebanyak 935 orang, "sebutnya. (KB-01) 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.