DPKP Verifikasi Data Rumah Warga di Bantaran Sungai - Kabar Bima

DPKP Verifikasi Data Rumah Warga di Bantaran Sungai

Kota Bima,KB.- Dinas Perumahan Dan Kasawan Pemukiman (DPKP) Kota Bima, Senin (06/11/2017) kemarin mulai melakukaan pendataan rumah rumah warga yang tinggal dibantaran sungai. 

Pendataan tersebut merupakan program bidang dan belum sampai ke ranah relokasi. "Kita hanya melalukan pendataan ulang, atau memverifikasi kembali data korban banjir tahun lalu yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan. Sehingga data tersebut bisa kita jadikan data valid, jika benar terjadi relokasi,"ujar Kasi Perumahan DPKP Kota Bima Imran, ST, Rabu (08/11/2017).

Tapi yang dihawatirkan saat ini sambung dia, jangan sampai data rumah warga yang diberikan oleh pihak Kelurahan itu justru tidak sesuai dengan kenyataan, dalam artian nama warga yang terdata itu, takutnya bukan warga yang tinggal di bantaran sungai, melainkan warga yang tinggal jauh dari bantaran sungai, namun namanya masuk terdata.

"Itu perlunya dilakukan verifikasi kembali data, agar data itu bisa lebih jelas,"tuturnya. 

Selain melakukan verifikasi pendataan rumah warga, pihaknya juga melakukan croscek kaitan dengan kepemilikan lahan bangunan. Jangan sampai rumah yang mereka tempati itu adalah rumah sewahan, itu yang perlu juga diperjelas. 

"Nah, Melalui pendataan ini mudah-mudahan kita bisa mengetahui kebenaran data tersebut,"jelasnya.  
Mengenai rencana relokasi, menurut Imran masih jauh, dan itupun tergantung Walikota. "Tugas Kami sekarang hanya melakukan identifikasi awal jika benar terjadi relokasi, dan nama warga yang sudah terdata ini akan jadi prioritas," pungkasnya. 

Perlu diketahui, wilayah yang dilakukan pendataan ini adalah seluruh wilayah Kota Bima yang terdampak banjir tahun lalu yang ada di wilayah bantaran sungai. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.