Wagub NTB Tutup MTQ Tingkat Provinsi NTB Tahun 2017 - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Wagub NTB Tutup MTQ Tingkat Provinsi NTB Tahun 2017

Bima, KB.- Rabu Malam (01/11/2017), Wakil Gubernur NTB HM. Amin, SH, M.Si menutup secara resmi kegiatan Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – 27 tingkat Provinsi NTB Tahun 2017 yang dilangsungkan di Halaman Persiapan Kantor Bupati Bima  Desa Godo Kecamatan Woha.  
Bupati Bima saat menerima penghargaan dari Wagub NTB.
Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Dompu, Wakil Bupati Lombok Barat, anggota DPR RI Muhammad Syafruddin, ST, MT, Bupati Bima, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Bima, unsur FKPD Kabupaten Bima, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Staf Ahli Bupati/Para Asisten dan Kabag lingkup  setda  kabupaten Bima, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bima, Para Anggota Dewan Hakim, Pimpinan Kafilah serta para Qori dan Qori’ah, Jajaran  Panitia Penyelenggara MTQ  ke-XXVII tingkat Provinsi NTB, Para Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat Se – Kabupaten Bima, Para Camat Se-Kabupaten Bima, Para Kepala Desa, serta
warga masyarakat.

HM. Amin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan MTQ yang kita laksanakan ini merupakan salah satu syiar islam dalam rangka mengumandangkan asma Allah, sehingga dengan adanya MTQ ini kita dituntuk untuk membaca dan memahami isi kandungan kitab suci Al – Qur’an yang merupakan pedoman hidup masyarakat. 

"Maka dari itu saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Kabupaten Bima dan seluruh warga masyarakat yang telah berhasil mengadakan MTQ tingkat Provinsi NTB sehingga dapat berlansung aman, damai dan lancar," ujarnya.

Tidaklah berlebihan bahwasanya amanat yang diberikan oleh pemerintah Provinsi NTB untuk mengadakan MTQ tingkat Provinsi NTB di wilayah Kabupaten Bima patutlah diancunggi jempol dimana semenjak berlangsungnya kegiatan seperti ini warga masyarakat begitu antusias menyaksikan pelaksanaan kegiatan MTQ ini mulai dari awal kegiatan hingga pada penutupan MTQ tersebut.

"Saya selaku Wagup mengucapkan selamat kepada para juara di masing – masing cabang yang dilombakan diucapkan semoga bisa ditingkatkan lagi dieven selanjutnya, dan bagi yang belum mendapatkan juara jangan berkecil hati, hal ini dikarenakan kemengan tertunda yang diraih oleh para kafilah yang mewakili daerahnya masing – masing, berlatihlan semoga pada even selanjutnya bisa mendapatkan predikat juara,"terangnya.

Khusus yang juara pada masing – masing lomba pada kegiatan MTQ ini, nantinya pada tahun 2018 akan mewakili provinsi NTB pada tingkat nasional yang akan dilaksanakan di provinsi Sumatera Utara, sehingga para juara harus betul – betul mempersiapkan diri sedini mungkin demi meraih prestasi pada tingkat nasional nantinnya.

HM. Amin berharap kegiatan MTQ seperti ini dapat didukung bersama – sama, dalam rangka mengumandangkan Asma Allah. Sekaligus Al – Qur’an sebagai pedoman hidup kita ditengah – tenah masyarakat.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri juga menyampaikan, Secara jujur, kami tidak ingin MTQ ini berakhir, karena lantunan suara-suara merdu dari para Qori dan Qoriah yang berpadu dengan antusias masyarakat yang  memadati setiap arena MTQ selama hampir sepekan ini, telah menghadirkan suasana syahdu dalam kebersamaan dan penuh kedamaian. 

"Semoga suasana yang kondusif, damai, religius selama berlangsungnya penyelenggaraan Mushaqah Tilawatil Qur’an  tetap selalu terpelihara, bahkan sampai acara ini selesai,"harapnya. 

Disamping itu, melalui lantunan ayat-ayat suci Alquran yang menggema selama pelaksanaan Musabaqah ini akan terus menggugah semangat masyarakat untuk gemar membaca, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Alqur’an. 

"Olah karena itu, saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu demi terselenggaranya Mushabaqah Tilawatil Qur’an Ke- 27 tingkat Provinsi NTB tahun 2017 ini. Insya Allah segala sumbangsih akan  bernilai ibadah dan akan diberikan ganjaran pahala oleh Allah SWT. Dan dari lubuk hati yang paling dalam, saya dan jajaran panitia pelaksana menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dan kendala yang terjadi selama penyelenggaraan Musabaqah ini,"tuturnya.

Kepada jajaran Dewan Hakam, Dewan Juri dan seksi Musabaqah dari berbagai arena lomba yang telah bekerja maksimal dan profesiional memberikan penilaian kepada Qori dan Qori’ah juga disampaikan ucapan terimakasih, sehingga pada malam hari ini kita telah sama-sama mengetahui para Sang Juara dari berbagai cabang dan golongan serta kabupaten/Kota yang telah meraih juara umum pada perhelatan MTQ ini. 

Bagi yang juara pada pelaksanaan MTQ ini saya ucapkan selamat kepada para Qori dan Qori’ah yang berhasil meraih juara dan predikat terbaik pada malam hari ini.  Bupati berpesan kepada para qari’-qari'ah, hafizh-hafizhah, mufassir-mufassirah yang telah meraih peringkat juara dalam pelaksanaan Mushabaqah TIlawatil Qur’an ini agar jangan berbangga diri karena prestasi yang telah  diraih memiliki konsekuensi dalam rangka mepersiapkan diri untuk tetap terus berlatih, sehingga pada gilirannya bisa membawa harum  nama Nusa Tenggara Barat pada pelaksanaan Mushabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Nasional maupun internasional. 

Kepada yang belum meraih prestasi agar jangan berkecil hati, teruslah berlatih dan memacu diri untuk bisa mewujudkan prestasi pada pelaksanaan MTQ  di masa yang akan datang. 

Usai menutup pelaksanaan MTQ ke – 27 tingkat Provinsi NTB Wagup Gubernur NTB HM.Amin, SH.M.Si bersama Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyerahkan tropi dan uang pembinaan pada masing – masing juara pada tiap cabang lomba yang diikuti.

Sementara itu yang keluar sebagai juara umum pada perhelatan MTQ ini diraih oleh Kabupaten Lombok Barat dan berhak meraih tropi dan uang pembinaan. Adapun peringkat juara yang diraih oleh 10 Kabupaten/Kota diantarnya. Juara pertama diraih oleh kontingen Lombok Barat, Juara kedua diraih oleh kontingen Lombok Tengah, Juara ketiga diraih oleh kontingen Kota Bima, juara keempat diraih oleh kontingen Kota Mataram, juara kelima diraih oleh kontingen Kabupaten Bima, juara keenam diraih oleh kontingen Lombok Timur, juara ketujuh diraih oleh kontingan Sumbawa Besar, juara ke delapan diraih oleh kontingen Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Dompu serta Juara ke sembilan diraih oleh kontingen Kabupaten Sumbawa Barat.

Pada kesempatan ini juga wagub NTB HM.Amin, SH, M.Si atas nama pemerintah provinsi menyerahkan piagam penghargaan kepada pemerintah daerah yang diterima oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhmayanti Putri terkait dengan pelaksanaan MTQ Ke – 27 tingkat provinsi NTB tersebut.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh wakil gubernur NTB untuk menyerahkan bantuan kepada peserta favorit Hifzil Qur’an golongan  10 jus putri atas nama Halwa Dhiyaun Nasihan yang berusia 7 (tujuh) tahun perwakilan dari kontingen Kabupaten Dompu dengan mendapatkan uang sebesar Rp. 10 juta rupiah. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.