Besok Pemenang Lelang Tanah Eks Jaminan Diumumkan - Kabar Bima

Besok Pemenang Lelang Tanah Eks Jaminan Diumumkan

Bima, KB.-  Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kabupaten Bima, Amrin Munawar, SE, melalui Kasubag Perlengkapan dan Rumah Tangga bagian umum, Kasmir S.Sos, kepada kabarbima.com, Jum'at (08/12/2017) kemarin, mengatakan, bahwa nama-nama pemenang tender seluruh tanah eks jaminan akan segera diumumkan Senin (11/12/2017) besok.

"Kita rencanakan, pengumuman nama-nama pemenang tender seluruh tanah eks jaminan aparatur desa tahun 2017 ini,  pada hari Senin awal pekan besok,"jelasnya.

Dijelaskannya, ditundanya pengumuman nama-nama pemenang tender yang sedianya akan diumumkan pada Jum'at (08/12) kemarin, karena pihaknya belum tuntas melakukan verifikasi seluruh bahan seluruh peserta.

"Verifikasi bahan seluruh peserta tender, masih dilakukan dan belum rampung. Karena belum rampung, akhirnya pengumumannya kita tunda dan direncanakan akan diumumkan pada Senin awal pekan ini,"tegasnya.

Dalam verifikasi bahan pada pelelangam umum, pihak panitia melakukan pengecekkan data dengan pihak Bank untuk mengetahui apakah uang yang disetorkan oleh peserta tender sama nominalnya dengan jumlah yang dimasukan dalam formulir penawaran atau tidak dan apakah uang itu masih ada di rekening atau sudah ditarik kemabli.

"Jika, dalam verifikasi yang dilakukan oleh pihaknya ditemukan adanya perbedaan data yaitu penyetoran uang di Bank beda dengan nilai yang ada di formulir penawaran, maka peserta tersebut pasti digugurkan. Kita lakukan verifikasi seperti itu karena pengalaman tahun lalu, ada peserta yang menarik kembali uang setelah memasukan penawaran,"terangnya.

Menurutnya, mekanisme pengumuman para pemenang tender, akan ditayangkan seluruh nama yang ikut lelang dengan urutan penawaran tertinggi.

"Tentunya, pemenangnya nanti, pasti peserta tender dengan penawaran tertinggi,"isyaratnya.

Selain itu, seluruh nama-nama pemenang tender, juga akan ditempelkan pada seluruh Kantor Kecamatan yang ada. "Nama-nama pemenang tender, selain di tempelkan di bagian umum, juga akan ditempelkan pada seluruh kantor pemerintah kecamatan,"sebutnya.

Kata Kasmir, Proses pelelangan tanah eks jaminan ini, telah dilakukan secara transparan dan terbuka. Karena, siapapun berhak untuk ikut tender berikut peserta langsung menyetorkan uang penawarannya di bank. 

"Dengan mekanisme seperti itu, sehingga peluang untuk neko-neko bagi oknum-oknum tertentu, sangat tipis,"tutur Kasmir.

Mudah-mudahan, pihak panitia bisa mengejar untuk menuntaskan verifikasi bahan seluruh peserta dalam waktu sehari dua hari ini, sehingga para pemenang tender bisa diputuskan dan nama-nama  pemenang bisa diumumkan pada Senin awal pekan ini.

"Karena proses verifikasi bahan seluruh peserta masih berlangsung, diimbau pada seluruh peserta tender untuk bersabar dan bersabar dulu. Kita rencananya umumkan hari Senin atau paling lambat Rabu depan, "pinta Kasmir.

Selain itu,  lanjut Kasmir, seluruh peserta juga diharapkan untuk bisa menerima hasil penetapan para pemenang tender nantinya. Sebab, hasil penetapan nama-nama pemenang tender yang dilakukan oleh panitia betul-betul dengan penuh ketelitian dengan mengacu pada penawaran tertinggi.

"Kita akan manfaatkan waktu dua hari ini untuk bisa menuntaskan verifikasi bahan peserta tender dengan maksimal, supaya pada Senin awal pekan ini, nama-nama para pemenang tender bisa diumumkan,"tandas Kasmir. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.