Dikes Belum Musnahkan 4 Ton Obat Kadaluwarsa - Kabar Bima

Dikes Belum Musnahkan 4 Ton Obat Kadaluwarsa

Bima, KB.- Lebih kurang 4 ton obat-obatan kadaluarsa atau sisa pakai dan sisa banjir di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, hingga hari ini belum juga di musnahkan. Jika kita mendatangi kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, maka akan tercium aroma tidak sedap yang berasal dari ruang aula Kantor Setempat.

Saat Wartawan Kabar Bima mendatangi Kantor Dinas Kesehatan beberapa hari yang lalu, mendapati aroma tidak sedap di sekitar kantor tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata bau yang menyengat hidung tersebut, merupakan bau busuk obat-obatan yang tersimpan di aula kantor setempat.

"Itu bau obat-obatan kadaluwarsa dan sisa banjir kemarin yang belum dimusnahkan. Baunya juga cukup mengganggu kita yang lagi kerja, karena berada di lingkungan kantor," ujar salah satu pegawai Dikes yang enggan disebutkan namanya.

Dirinya membeberkan, bahwa rencana pemusnahan tersebut sudah berlangsung dua kali, tetapi gagal terus. Sehingga sampai hari ini belum juga dimusnahkan. Dirinya menyarankan agar menanyakan langsung kepada kepala dinas atau bidang terkait.

"Sebaiknya tanyakan pada kepala dinas atau bidang terkait untuk lebih jelasnya. Namun informasi yang saya dapatkan, bahwa kendala pemusnahan obat tersebut karena tidak adanya ijin dari Badan Lingkungan Hidup (BLH)," terangnya.

Plt, Kepala Dinas Kesehatan dr.H. Ganis yang coba dihubungi via handphone belum memberikan tanggapan apapun. Begitu juga dengan kepala UPT IFK, Yuni yang coba dihubungi pun belum memberikan tanggapan. Hingga berita ini dinaikan, keduanya masih dalam upaya konfirmasi.

Sebelumnya, obat-obatan tersebut disimpan di gudang UPTD Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Kabupaten Bima, namun karena adanya rencana pemusnahan dan sudah dipisahkan jenis obatnya, maka disimpan di aula sampai waktu pemusnahan tiba. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.