Pemkab Bima Beri Penghargaan untuk PPID Terbaik 2017 - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Pemkab Bima Beri Penghargaan untuk PPID Terbaik 2017

Bima, KB.- Pemerintah Kabupaten Bima memberikan penghargaaan dan Anugerah bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada OPD, Kecamatan dan Desa Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2017. Kegiatan ini dilangsungkan di aula kantor Bupati Bima, Rabu (27/12/2017) pagi tadi. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman, SH, M.Si dalam sambutannya, mengatakan bahwa dalam pemeringkatan PPID OPD,  Kecamatan dan Desa ini sudah dilakukan sesuai prosedur dan tanpa intervensi. 

"Pemberian peringkat kepada PPID ini sudah melalui tahapan verifikasi dengan nominasi di masing-masing OPD, Kecamatan dan Desa. Hanya saja dalam pengisian form untuk penilian sebagian kecil saja yang mengembalikan form itu," bebernya.

Menurut Wahab,  dari hasil penilaian tim, telah ditetapkan para juara  tingkat OPD, Kecamatan dan Desa berdasarkan keputusan tim pemeringkatan Badan Pengelola Informasi Publik PPID Nomor: 001 / XII/ 2017 tanggal 26 Desember 2017. 

Pada tingkat OPD lingkup Pemkab Bima, peringkat 1 diraih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, peringkat II diraih oleh Dinas Kesehatan, Peringkat III diraih oleh Dinas Sosial, Peringkat harapan 1 diraih oleh dinas Koperasi dan UMKM, peringkat harapan II diraih oleh Disnakertrans dan peringkat Harapan III diraih oleh Dinas Lingkungan Hidup. 
Pada tingkat kecamatan peringkat 1 diraih oleh Kecamatan Palibelo, peringkat II diraih oleh Kecamatan Lambu dan peringkat III diraih oleh Kecamatah Sape. Sedangkan pada tingkat Desa juara 1 diraih oleh desa Waworada Kecamatan Langgudu, juara II diraih oleh desa Boro Kecamatan Sanggar, peringkat III diraih oleh desa Riamau Kecamatan Wawo. Peringkat harapan 1 diraih oleh desa Kaboro Kecamatan Lambitu, juara harapan II diraih oleh desa Kuta  Kecamatan Lambitu serta juara harapan III diraih oleh desa Sondo Kecamatan Monta.

Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer menyambut baik atas pelaksanaan pemeringkatan PPID yang dilakukan oleh jajaran Kominfostik atas hasil sosialisasi dan visitasi lapangan terhadap kinerja PPID di lingkup OPD, Kecamatan dan Desa se-kabupaten Bima dalam rangka pelayanan informasi publik.  

"Pemberian anugerah ini tentunya diharapkan akan menjadi daya rangsang bagi OPD, Kecamatan dan desa untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan informasi,"harapnya.

Dikatakannya, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang lahir sesuai UU Nomor:  14 Tahun 2008 mengamanatkan untuk melayani informasi kepada masyarakat, bersifat terbuka dan transparan dalam batasan-batasan sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang Tentang Keterbukaan Informasi Publik di era digital dewasa ini, dengan harapan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama di Kominfostik  dapat bekerja maksimal  di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi di badan publik. 

"PPID diharapkan dapat mengembangkan sistem layanan informasi yang cepat, mudah dan wajar. PPID harus membuat uji konsekuensi dengan seksama dan penuh ketelitian sebelum menyatakan sebuah informasi yang dikecualikan dapat diakses atau tidak,"lanjut Dahlan. 

Pantauan Langsung kabarbima.com, Masing – masing juara tersebut medapatkan piala dan piagam penghargaan yang diberikan oleh Wakil Bupati Bima. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.