KOMPAK Beri Pelatihan Penyusunan RUK Puskesmas - Kabar Bima

KOMPAK Beri Pelatihan Penyusunan RUK Puskesmas

Bima,KB.- Untuk mendukung berbagai inisiatif perubahan pemerintah dalam peningkatan pelayan kepada masyarakat, KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Selasa (20/03/2018) pagi, menggelar Kegiatan Sosialosasi Pelatihan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) Puskesmas tahun 2019. 

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor FKUB Kota Bima dan dihadiri Kepala dan Petugas Operator Puskesmas se Kabupaten Bima. 

Ketua Bidang Distrik Koordinator Kompak Bima, Asrullah mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini, sebagai bentuk pendampingan, dengan memfasilitasi kegiatan pelatihan penyusunan RUK di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bima. Sehingga setiap puskesmas bisa merencanakan sendiri managemen usulan kegiatan baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun APBD. 

Selama ini kata Asrullah, puskesmas hanya menyusun RUKD ditingkat Kabupaten Bima. Sementara melalui kegiatan pelatihan ini mereka akan menyusun sendiri apa yang menjadi kebutuhan mereka, lalu usulan itu dimasukan dalam RUK. 

"Sehingga dalam mengoptimalkan peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Bima dapat tercapai serta didukung oleh fasilitas yang direncanakan," ujarnya.

Selain itu lanjut Asrul, beberapa kegiatan diusulkan dalam RUK dari Puskesmas, akan dipilah oleh pihak Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima. Namun apabila ada yang cocok kegiatan tersebut akan dimasukan dalam anggaran APBD bahkan akan diusulkan hingga ke pusat. 

Adapun tujuannya tambah dia, Supaya pelayanan Kesehatan di masing-masing Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan dan Desa bisa dapat lebih ditingakatkan lagi dan diharapakan bisa berjalan maksimal.

"Kita akan mulai meminimalkan pelayanan kesehatan mulai dari tingkat kecamatan dan Desa, sehingga bisa mengatasi dan mengurangi angka kematian bayi dan giji di Kabuapten Bima. Karena yang tahu kondisi masyarakat di Desa dan Kecamatan hanya puskesmas setampat,"tuturnya.(KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.