Merah Putih Sepanjang 203 Meter Berhasil Dibentangkan di Puncak Tambora - Kabar Bima

Merah Putih Sepanjang 203 Meter Berhasil Dibentangkan di Puncak Tambora

Tambora, KB.- Minggu pagi 8 April 2018 Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri didampingi para Kepala OPD dan pejabat dari Dinas Pariwisata Propinsi NTB melepas secara resmi peserta Teka Tambora 2018.
Bupati Bima berharap agar peserta dapat menjadi agen mempromosikan potensi sejarah, budaya dan pariwisata di Kabupaten Bima.

Pelepasan ditandai dengan penyematan Syal tenunan Bima oleh Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri secara simbolis kepada perwakilan peserta dari Bandung atas nama Feny Oktaviani Putri dan Lutfi Zainul. Keduanya peserta yang masih menjadi Siswa SMU di Kota Bandung.

Ketua Panitia Teka Tambora 2018 yang juga Jena Teke Kesultanan Bima Muhammad Putra Ferryandi, S.IP melaporkan bahwa event Teka Tambora 2018 ini diikuti sejumlah 250 orang peserta baik peserta luar daerah maupun peserta dalam daerah termasuk Tim Kesehatan, tim evakuasi, tim keamanan, Tagana dan dari BPBD Kabupaten Bima.

"Semua peserta ini akan membentangkan bendera merah putih sepanjang 203 meter di puncak gunung Tambora,"tuturnya. 
Lanjuntnya, Event Teka Peserta Teka Tambora 2018 ini berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal  8 sampai tanggal 11 April.  Kegiatan Puncaknya  berupa pendakian Gunung Tambora dari Jalur Pendakian Oi Marai Desa Kawinda To,i Kecamatan Tambora tanggal 9 dan 10 April. 

"Sedangkan tanggal 8 dan tanggal 11 diisi dengan kegiatan lain seperti Parade Perahu, Pameran Ekonomi kreatif, Sangrai Kopi dan Pentas Kesenian. Selain itu peserta juga menikmati dan mengunjungi beberapa Obyek wisata seperti Makam Dana Taraha, Makam Raja Sanggar, Mata Air Tampuro, pembibitan Mutiara, padang savana Piong, Pembibitan Kayu Putih Sanggar Agro dan lainnya," beber lelaki yang akan mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bima di dapil 4 (Wera-Ambalawi) itu.


Tanggal 10 April 2018, tepat pukul 07.00 witeng  sekitar 300 orang pendaki yang datang dari berbagai daerah di tanah air telah berhasil mencapai puncak Gunung Tambora Kabupaten Bima.
Dipuncak Tambora itu peserta mengikuti berbagai acara (ritual) yang disiapkan panitia seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dll. Dengan mengelilingi kawah Tambora peserta telah berhasil membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 203 M, menandai 203 tahun meletusnya Gunung Tambora.

"Bendera sepanjang 203 menandai 203 tahun meletusnya gunung tambora telah berhasil dibentangkan," akunya. 

Yandi menegaskan, bahwa kegiatan Teka Tambora ini akan menjadi agenda tahunan. Dan itu sudah tertuang dalam agenda Pariwisata Kabupaten Bima dan juga pemerintah Propinsi NTB. "Kegiatan Teka Tambora menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Bima, tuturnya.(KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.