Program ’Pahala’ Ditlantas Polda NTB Manjakan Masyarakat Pesisir - Kabar Bima

Program ’Pahala’ Ditlantas Polda NTB Manjakan Masyarakat Pesisir

Mataram, KB.- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTB terus berinovasi demi memberikan pelayanan terbaik terhadap publik. Direktorat pimpinan Kombes Pol Arman Achdiat ini akan memanjakan pelayanan ke masyarakat pesisir dan pulau kecil di NTB.

Kombes Pol Arman Achdiat 
Terobosan itu dinamai Pelayanan Bahari Lalu Lintas (Pahala). Lewat program Pahala, kepolisian lalu lintas bisa menyentuh masyarakat pesisir dan pulau kecil, yang selama ini jauh dari akses pelayanan terkait kelengkapan kendaraan bermotor. 

"Ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Arman Achdiat, Jumat (6/4).
Dia mengungkapkan, program itu akan memudahkan masyarakat mengurus surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM). Secara tidak langsung, Ditlantas Polda NTB juga mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas. 

"Kita juga akan berikan sosialisasi tertib lalu lintas. Kesadaran berkendara penting, karena untuk keselamatan diri sendiri juga," ujarnya.

Untuk program Pahala, tidak saja dijalankan Ditlantas Polda NTB. Rencananya program ini melibatkan pula instansi pemerintah seperti Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) serta Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB.
Menurut dia, program ini juga dapat meningkatkan potensi pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor. Selama ini potensi pendapatan dari wilayah pesisir dan pulau kecil belum digarap dengan maksimal.

 "Misalkan, masyarakat telat berapa tahun, itu kebijakan pelunasannya bagaimana,” terang  dia.

Sederhananya, kata dia, program ini merupakan aksi jemput bola dari kepolisian untuk membantu masyarakat dalam pelayanan publik. Sekaligus menggencarkan sosialiasi mengenai keselamatan berkendara. 

”Program-program seperti ini akan terus kita ciptakan, sehingga masyarakat semakin mudah mengakses pelayanan publik dari kepolisian,” pungkas Arman. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.