Seminar Sakosa Kembali Digelar, Bupati Paparkan 120 Destinasi Wisata di Bima - Kabar Bima

Seminar Sakosa Kembali Digelar, Bupati Paparkan 120 Destinasi Wisata di Bima

Bima, KB.- Seminar Sehari dengan Sakosa Tourism Investmen Forum kembali digelar di atas KRI Teluk Banten 516, Senin (09/04/2018).  Seminar dengan tema peningkatan dan Peluang Investasi di Bidang Pariwisata itu berlangsung sejak pukul 10.00 wita hingga pukul 14.00 wita.

Bupati Bima, saat menyampaikan Materi.
Seminar tersebut dihadiri lebih kurang 200 peserta dari berbagai kalangan. Seminar yang berlangsung di atas kapal perang milik TNI AL ini, berlangsung sukses. Kapal berlayar dari pelabuhan Bima menuju perairan Kecamantan Wera kemudian putar balik menuju pelabuhan Bima.

Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ir.  H. Rosyiady Sayuti,
Msc,  P.hD dalam sambutannya saat membuka seminar mengatakan, Selain Mandalika di Pulau Lombok, Provinsi NTB memiliki dua segitiga kawasan pengembangan di Pulau Sumbawa yaitu Teluk Saleh-Moyo -Tambora (SAMOTA)  dan  SAKOSA (Sangiang -Komodo-Sape). 

"Untuk mengembangkan kawasan tersebut, dan menarik investasi pariwisata di Pulau Sumbawa Khususnya di Kabupaten Bima, peran pemerintah sangat penting dan harus dikedepankan. Sebab akan mustahil bagi swasta mau berinvestasi kalau pemerintah sendiri tidak mampu memastikan perannya,"kata Rosiady.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dalam sambutannya mengatakan, tingginya frekuensi penerbangan dari dan menuju Bima menunjukkan tingginya minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata di Bima.

Suasana Seminar Sakosa di KRI Teluk Banten 516
Karena itu,  langkah awal dan komitmen pemerintah daerah adalah selain memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung, juga memberikan kemudahan bagi para investor yang akan menanamkan modal di Kabupaten Bima. 

Seminar tersebut juga menghadirkan narasumber dari Asdep bidang Investasi Pariwisata Kementerian Pariwisata RI, Komandan Gugus Tempur Armada Timur Angkatan Laut Laksamana Muda Rachmad Jayadi didampingi Dan Lanal Mataram, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Kepala BKPM Provinsi NTB. Seminar dihadiri Pejabat Kota dan Kabupaten Bima dan diselenggarakan dengan sistim Joy Sailing yaitu seminar dilaksanakan sambil KRI Berlayar menuju Asakota dan Sekitarnya. 

Pada Kesempatan Itu, Bupati Bima memaparkan 120 Destinasi Wisata yang dimiliki Kabupaten Bima, dengan 6 zonasi pengembangan dan 3 kawasan unggulan.  

Untuk pengembangan kawasan tersebut, pemerintah menyediakan dukungan paket kebijakan yang mencakup penerapan perijinan Satu Atap melalui DPMPTSP. Waktu pengurusan Izin dari 6 hari menjadi 1 hari serta dukungan kepada maskapai penerbangan.

"Rencana lainnya adalah penerapan tax holiday atau bebas pajak hotel dan restoran selama 2 tahun pertama beroperasi," sebutnya.

Disamping Itu, penyediaan tenaga listrik dan jaringan air bersih di wilayah strategis juga menjadi upaya penting yang akan dilaksanakan serta peningkatan infrastruktur jalan lingkar Utara dan Lingkar Selatan  dilaksanakan   sejalan dengan pengembangan jaringan seluler yang sudah menjangkau Seluruh wilayah.

"Pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bima bukannya tanpa halangan. Saat ini beberapa kendala yang masih dihadapi adalah belum dikelola secara optimal potensi yang ada. Disamping fasilitas pendukung yang relatif masih perlu ditingkatkan termasuk kapasitas infrastruktur listrik, air minum, sarana jalan dan fasilitas pendukung. Aspek lain yang menjadi perhatian adalah keamanan dan kenyamanan daerah yang memerlukan dukungan dan keterpaduan kebijakan pengembangan pariwisata bagi pusat daerah tingkat provinsi maupun di tingkat pusat,"paparnya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.