4 Tahun Berturut-turut Kota Bima Raih WTP - Kabar Bima

4 Tahun Berturut-turut Kota Bima Raih WTP

Kota Bima, KB.- Pemerintah Kota Bima berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keempat kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan RI atas laporan keuangan pemerintah daerah. 

Kota Bima Raih WTP 4 Tahun Berturut-turut
Walikota Bima M. Qurais H. Abidin Saat menerima LHP
dari BPK RI Perwakilan NTB di Mataram.
Opini WTP adalah sebuah penilaian tentang informasi kewajaran pada laporan keuangan. BPK pun telah menetapkan sejumlah kriteria untuk bisa mencapai predikat tersebut. Kriteria tersebut mencakup kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan. 

Beberapa masalah yang menjadi substansi terkait LHP diantaranya, Pajak yang tidak disetor, SPPD, Kekurangan Volume Fisik Pekerjaan, Pengelolaan Asset, Pertanggung Jawaban Belanja Daerah, Penyelesaian Fisik Pekerjaan, Belanja Sosial yang tidak tepat sasaran, Pembayaran Gaji Pegawai yang Tidak Berhak (Pensiun dll) dan Belanja BBM. 

Keberhasilan meraih WTP dalam empat tahun berturut-turut dinyatakan oleh Walikota sebagai hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kota Bima. 

“Namun prestasi ini tidak boleh menjadikan kita bersantai-santai. Ini justru harus menjadi cambuk untuk terus menjaga reputasi maupun kinerja Pemerintah Daerah,” katanya. 

Walikota pun berharap seluruh tradisi akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah dapat dijaga. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.