Hari Pertama Puasa, SDN 55 Gelar Pesantren Ramadhan - Kabar Bima

Hari Pertama Puasa, SDN 55 Gelar Pesantren Ramadhan

Kota Bima,KB.- Awal bulan puasa, atau memasuki hari pertama puasa, SDN 55 Kota Bima, Kamis (17/05/2018) pagi menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan  tersebut dilaksanakan di sekolah setempat dan berlangsung selama tiga hari.

Kepala SDN 55 Kota Bima Nurfatuh, S.Pd yang ditemui kabarbima.com mengatakan, tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk memberikan bekal pada siswa tentang bagaimana cara melaksana ibadah puasa di bulan suci ramadhan  dengan baik dan benar.

"Melalui kegiatan ini, siswa kami ajarkan tentang bagaiman cara beribadah dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran agama,"ujarnya.

Bukan hanya itu saja sambung dia, pada kesempatan ini, siswa juga diajarkan tentang bacaan do'a niat berpuasa, bacaan do'a niat shalat taraweh, Tadarus Alqur'an dan lainya.

Selain itu tambah dia, siswa juga diminta agar selalu memiliki sikap toleransi antar sesama umat beragama, dan sikap toleransi itu harus tetap dikedepankan dalam menjalani ibada puasa.

"Semua hal yang berkaitan dengan ibadah puasa dan agama sudah kami ajarkan, dan yang mengajarkan mereka ini bukan orang lain, tetapi guru-guru yang ada di SDN 55 Kota Bima,"ujarnya.

Dikatakannya, bahwa kegiatan pesantren ramadhan ini akan berdampak pada peningkatan nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada siswa di satuan pendidikan, yang memuat tentang nilai-nilai katakter seperti, religius, nasionalis, mandiri, integritas, gotoyong royong dan jujur.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi siswa. Dan pada satuan pendidikan pun juga harus mampu melaksanakan dan menerapkan PPK di sekolah sesuai dengan permendikbud,"katanya.

Nurfatuh berharap, agar penguatan nilai-nilai religius pada siswa ini akan terus ditingkatkan lagi. Sehingga siswa bisa memahami arti dan makna islami pada bulan suci ramadhan ini. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.