Masyarakat Diminta Memahami Aturan Tata Ruang di Kota Bima - Kabar Bima

Masyarakat Diminta Memahami Aturan Tata Ruang di Kota Bima

Kota Bima,KB.- Dinas PUPR Kota Bima melalui bidang Tata Ruang, Rabu (09/08/2018) pagi, menggelar kegiatan sosialisasi tentang Kebijakan, Norma, Aturan, Standar Prosedur dan Manual Pemanfaatan Ruang di Kota Bima.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor kelurahan Kodo Kecamatan Rasana'e Timur Kota Bima dan dihadiri Camat Rasane Timur, kabid lingkungan hidup, Babinsa, ketua RT, RW dan masyarakat.

Kabid Tata Ruang PUPR Kota Bima, Junaidin, ST mengatakan, tujuan dari kegitan ini,  untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat  tentang tata ruang yang ada di Kota Bima.

"Karena tidak paham tentang aturan tata ruang, jadi banyak masyarakat yang membangun bangunan di sembarang tempat, seperti di sepanjang jalan, menutup tratoar dan drainase. Sebenarnya ini tidak diperbolehkan dan dibenarkan, kerena ketika mendirikan bangunan itu harus ada jarakanya, dan tidak boleh sembarang membangun,"jelasnya.

Intinya, kegiatan ini digelar, untuk mengajak masyarakat agar bisa benar-benar memahahi aturan tentang tata ruang ketika ingin membangun dan mendirikan bangunan di Kota Bima.

"Kalau ada masyarakat yang membangun bangunan di tempat yang dilarang, maka kami akan menegurnya dengan surat teguran sampai tiga kali. Dan jika teguran itu tindak diindahkan, maka dengan tapaksa kami akan melakukan tindakan tegas dengan membongkar paksa banguan yang sudah dibangun itu,"tegasnya.

Junaidin berharap, dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan masyarakat bisa faham dan sadar tantang aturan tata ruang yang ada di Kota Bima. Selain itu, semoga masyarakat juga bisa sadar untuk mengurus IMB keteka ingin mendirikan banguanan.

Ditambahkannya, sasaran dari kegiatan ini adalah 7 kelurahan di Kota Bima. Adupun 7 kelurahan dimaksud yakni, Kelurahan Kumbe, Kodo, Melayu, Paruga, Sarae, Dara dan Tanjung.

"Sosialisasi tingkat Kecamatan sudah kami lakukan tahun lalu dan sekarang kami fokuskan lagi di masing-masing kelurahan. Agar kegiatan ini bisa berjalan maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat,"pungkasnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.