Kadis Pariwisata Tinjau Situs Sejarah Benteng Asakota - Kabar Bima

Kadis Pariwisata Tinjau Situs Sejarah Benteng Asakota

Bima, KB.- Usai menghadiri Resepsi Pernikahan di Desa Punti, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Drs. Dahlan menyempatkan diri untuk jalan-jalan santai ke Situs Wisata Sejarah Benteng Asakota yang ada di Desa Punti, Senin (18/06/2018). Kunjungannya tersebut didampingi Sekretaris Desa Punti, Firmansyah dan juga tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Kadis Pariwisata didampingi Sekdes Punti saat berada di Benteng Asakota.
Firmansyah kepada kabarbima.com mengaku bahwa selama berada di situs sejarah bersama Kadis Pariwisata, mereka sempat berdiskusi kecil mengenai rencana pengembangan Destinasi Wisata Benteng Asakota. 

"Benteng Asakota, begitulah namanya, kamipun berbagi kiat dan inspirasi tentang bagaimana mengembangkan situs wisata ini sehingga menjadi lebih baik. Semoga segala upaya baik dipermudah Allah. Dan yang paling penting, mari kaum muda Desa Punti, mari kita berkreasi membangun daerah," ajak Firmansyah Sekretaris Desa paling muda di Kecamatan Soromandi itu.


Dirinya mengajak Warga Desa Punti, terutama generasi muda untuk membangun komitmen bersama untuk menata Asakota sebagai situs wisata sejarah. Insyaallah Benteng Asakota juga akan menjadi bagian dari pengembangan pariwisata daerah


"Kepala Dinas Pariwisata juga mendorong, agar event-event tingkat kecamatan seperti BBGRM agar digiring ke Benteng Asakota. Sehingga dinas lain juga dapat lihat apa yang bisa dibuat disini," terangnya mengutip pembicaraan kadis pariwisata.

Namun langkah awal yang paling penting menurutnya adalah memperjelas status Benteng Asakota sebagai lokasi pariwisata. Ada komitmen bersama untuk memperjuangkan pembangunan jalan sebagai jalur utama akses ke Benteng Asakota, karena sampai saat ini akses jalan menuju lokasi tersebut hanya berjalan kaki sekitar 400 meter dari pemukiman warga.

"Baik dari desa maupun Dinas Pariwisata akan berupaya untuk itu. Harapan saya, kepada saudara-saudara saya khususnya generasi muda, mari kita mulai bekerja, dengan apapun yang kita bisa, mengkreasikan hal-hal sederhana agar Asakota ini menjadi lebih tertata. Sehingga semua masyarakat dapat mengambil manfaat di dalamnya," terangnya.

Lanjutnya, Kades Punti juga berkomitmen untuk membangun Asakota  menjadi satu destinasi wisata yang layak untuk diperhitungkan. Baik oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. "Kami juga merencangakan suatu saat, ada semacam kemah rakyat. Mengenang perjuangan para leluhur bangsa di Benteng Asakota juga situs Karombo Nipo yang saat ini sedang digarap oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)," bebernya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.