Program Inovasi Diapresiasi Kadis Kominfotik NTB - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Program Inovasi Diapresiasi Kadis Kominfotik NTB

Bima, KB.- Program Inovasi  untuk Anak Sekolah Indonesia  (INOVASI) NTB, yang merupakan kemitraan Pemerintah  Indonesia dan Australia di bidang peningkatan mutu pendidikan menggelar acara bertajuk "Media Gathering"   yang dihadiri 40 peserta selama 2 hari, dari tanggal 6 dan 7 Juni 2018 di Hotel  Holiday Resort Senggigi- Mataram.

Kepala Dinas Komunikasi,  Informatika  dan Statistik  (Diskominfotik)  Provinsi NTB Budi Prayitno M.Si dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan pertemuan dengan kalangan media (Media Gathering) mengatakan bahwa Dinas  Kominfotik memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Inovasi.

Menurut mantan Kepala Biro Humas Pemprov NTB ini,   Ada banyak layanan publik yang sudah diinisiasi tetapi belum terekspos dengan baik. Oleh karena itu diperlukan peran media untuk mengawal dan  mengekspos kegiatan tersebut kepada masyarakat.  

"Media perlu memberitakan sesuatu yang memang pantas untuk diberitakan,"terangnya.

Dikatakan Kadis,  ada sejumlah isu-isu strategis bidang pendidikan di NTB yang perlu mendapatkan perhatian media baik media  mainstream maupun media online.

"Masih rendahnya  partisipasi pendidikan dasar dan menengah,  perbandingan jumlah siswa SMK dan SMA,   relevansi program pendidikan dengan dunia kerja dan rendahnya pengetahuan remaja berkaitan dengan isu tertentu seperti genre, komunikasi informasi dan edukasi remaja,  perlu mendapatkan perhatian semua stakeholder,"urainya.

Kehadiran Inovasi telah cukup memberikan kontribusi dengan beberapa program Rintisan, antara lain  kegiatan Guru Belajar, Aspiratif,  Inklusif dan Kontekstual (BAIK) dengan mendukung guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Rintisan lainnya seperti   pembelajaran literasi dasar, pembelajaran numerasi dasar, pembelajaran bahasa dan pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus maupun pelibatan masyarakat dalam meningkatkan hasil belajar siswa juga telah cukup memberikan warna baru bagi dunia pendidikan di NTB.

"Rintisan Inovasi pada semua Kabupaten Mitra secara bertahap telah meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan proses yang tepat,  bahan ajar yang efektif dan sesuai kebutuhan anak didik. Mudah-mudahan program inovasi bisa mengawal isu-isu strategis ini,"ungkapnya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.