Safari Ramadhan Pemkab Bima Diakhiri Dengan Peringatan Nujulul Quran - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Safari Ramadhan Pemkab Bima Diakhiri Dengan Peringatan Nujulul Quran

Bima, KB.- Bertempat di Mesjid Al- Hidayah Desa Samili Kecamatan Woha, Sabtu, (02/06/2018 / 17 Ramadan 1439 H) Pemerintah Kabupaten Bima mengakhiri rangkaian kegiatan Safari Ramadan 1439 H.  

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bima didampingi oleh Wakil Bupati Bima, Ketua DPRD Kabupaten Bima beserta Anggota, Sekretaris Daerah/Asisten/Staf Ahli, Pimpinan Satuan Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima beserta Pejabat Eselon III dan Eselon IV, Kabag. Lingkup Setda. Camat Woha dan jajarannya serta Kades Samili dan perangkatnya, juga turut dihadiri oleh Ketua LPTQ, MUI dan BAZDA Kabupaten Bima, Ketua LPTQ, MUI dan BAZDA Kecamatan Woha; Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda serta segenap masyarakat Desa Samili.

Ba’da Sholat Isya dan Tarwih berjama’ah, Malam Nujulul Quran diawali dengan penyampaian Hikmah Nujulul Quran oleh Ustadz Islamuddin, S.PdI. 

Pada momentum yang penuh barokah tersebut, Bupati Bima menyatakan bahwa Salah satu wujud cinta Allah kepada mahluq-Nya adalah diturunkannya Alquran nan Karim sebagai patron utama kehidupan duniawi yang bermuara akhir pada keselamatan dan kesejahteraan Ukhrawi. 

“Bila kita semua, totalitas masyarakat Kabupaten Bima, menjadikan nilai – nilai dan hikmah – hikmah universal Quran sebagai landasan keimanan dan ketaqwaan, niscaya Allah akan mencurahkan Barokah-Nya dari seluruh penjuru langit dan penjuru Bumi.  Oleh sebab itu, membangun manusia yang beriman dan bertaqwa, serta terus membumikan syiar Islam dan pengembangan seni budaya bernuansa religius yang termedia dalam program Jum’at Khusyu, Gerakan Pesantren Sehari, Sholat Subuh Berjama’ah, STQ, MTQ dan lain sebagainya harus menjadi komitment bersama untuk disukseskan,” ungkap Umi Dinda.

Ditambahkan pula, bahwa secara bertahap, agenda tersebut dijabarkan dalam program peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran agama melalui penanaman nilai-nilai keagamaan sejak dini pada generasi muda, penguatan kapasitas lembaga keagamaan, dan peningkataan sarana dan prasarana keagamaan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bima akan terus memberi apresiasi dan dukungan optimal dalam mendukung suksesnya berbagai program keagamaan yang telah dicanangkan.

 Terkait momentum Nujulul Quran, Umi Dinda berharap tidak hanya bersifat seremonial namun membawa konsekwensi kesadaran kolektif untuk terus membangun diri dan daerah guna menciptakan iklim hidup yang bernafaskan sendi-sendi Religiusitas yang hakiki.

Bupati juga mengajak segenap kaum muslimin, khususnya para orang tua untuk dapat menumbuhkan cinta Al-Qur’an serta menimbulkan gairah untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an kepada generasi muda khususnya agar dapat menjadikan mereka generasi Qurani.

“Jadikan momentum yang mubarrak ini sebagai ladang untuk menyemaikan benih-benih Islamiyah nan agung bagi diri sendiri, keluarga, dan desa masing-masing serta sebagai pemacu semangat untuk terus meningkatkan keikhlasan guna berpartisipasi aktif pada seluruh rangkaian pembangunan,”tuturnya.

 Pada akhir penyampaiannya, Bupati Bima menghimbau kepada segenap warga untuk menunaikan Zakat sebagai salah satu dari Rukun Islam. Zakat Fitrah dan Zakat Mal akan membersihkan diri dan harta serta memberi manfaat secara sosial terutama dalam pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat terutama yang memiliki hak sesuai dengan tuntunan hukum Islam guna memperoleh zakat.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Bima, Umi Dinda menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Bima, yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan serta membumikan syiar Islam secara seksama melalui rangkaian kegiatan Safari Ramadan 1439 H. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.