Ini Tahapan Kegiatan Manasik Haji CJH Kota Bima - Kabar Bima

Ini Tahapan Kegiatan Manasik Haji CJH Kota Bima

Kota Bima,KB.- Kasi PHO (Pelaksana Haji dan Umroh) Kemenag Kota Bima, Furqan mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan manasik haji CJH (Calon Jama'ah Haji) Kota Bima tingkat kecamatan selama 8 kali pertemuan sudah terlaksana dengan baik.

Furqan
"8 kali pertemuan manasik haji, 4 kali untuk teori dan 4 kalinya lagi untuk praktek. Semua sudah terlaksana dengan baik dan benar,"ujar Furqan saat ditemui kabarbima di ruang kerjanya Senin, (03/07/2018).

Kata Furqan, untuk teori dilaksanakan di masing-masing kecamatan, sedangkan praktek dilaksanakan di musium Asi Mbojo dan dibina oleh tutor yang sudah besertifikat.

"Syukur alhamdulillah para Calon Jama'a Haji (CJH) Kota Bima sebanyak 275 orang sudah mampu melaksanakan haji secara mandiri. Karena mereka mengikuti kegiatan manasik haji secara intens. Dan Pada saat dievaluasi alhamdulilah mereka semua bisa melaksanakan sesuai bimbingan yang diajarkan,"kata Furqan.

Lanjut Furqan, setelah melaksanakan kegiatan manasik haji tingkat kecamatan, Kemuadian para CJH Kota Bima akan mengikuti bimbingan manasik haji tingkat Kota Bima yang rencannya akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Juli bertempat di Masjid Terapung Kota Bima.

"Dalam aturannya bimbimbgan manasik haji dilaksana selama 10 hari yakni, 8 hari di kecamatan dan 2 hari ditingkat Kota Bima,"jelasnya.

Setelah melaksanakan kegiatan manasik haji tingkat Kota Bima, selanjutnya akan dilaksanakan kegaitan pembekalan CJH untuk ketua regu dan ketua rombongan pada tanggal 13-14 Juli di aula kantor Kemenag Kota Bima. Setelah itu baru persiapan pemberangkatan CJH pada tanggal 28 Juli. 

"Pemberangakat CJH Star dari Bima menuju emberkasi Mataram dengan 4 kali penerbangan dengan jumlah CJH sebanyak 275 orang. 4 kali penerbangan tersebut 2 pemberangkat pagi dan 2 pemberangkatan siang. Sementara itu, pemberangkatan dari Mataram menuju Madina tanggal 29 Juli. CJH Kota Bima masuk dalam gelombang pertama kloter 8,"jelas Furqan.

Dikatakannya, Pelepasan CJH nanti dilakukan oleh Walikota Bima pada tanggal 24 Juli di lapangan Sarasuba bersamaan dengan penutupan MTQ.

"Mengakhiri masa jabatannya Walikota Bima H.Qurais H.Abidin melalukan pelepasan terakhir CJH sekaligus menutup kegiatan MTQ,"jelasnya.(KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.