Puluhan Ribu Peserta, Ramaikan Pawai Budaya Menyambut HUT Bima - Kabar Bima

Puluhan Ribu Peserta, Ramaikan Pawai Budaya Menyambut HUT Bima

Bima, KB.- Pemerintah Kabupaten Bima, melalui Dinas Pariwisata menggelar kegiatan Pawai Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bima ke-378. Pawai Budaya yang dipusatkan di Kecamatan Bolo tersebut berlangsung meriah. Pawai dimulai sekitar pukul 14.00 wita dan berakhir sekitar pukul 17.40 wita, Rabu (04/07/2018).

Peserta Pawai saat berada di Depan Panggung Kehormatan.
Pawai budaya ini diikuti oleh sekitar puluhan ribu peserta dari semua instansi Pemerintahan Kabupaten Bima, BUMN, Ormas, Wartawan, berbagai peguyuban dan etnis dan lainnya yang ada di Kabupaten Bima. Para peserta memakai baju adat Bima, sementara dari paguyuban mengenakan pakaian ada daerah asal mereka.

Pantauan kabarbima.com, peserta pawai dilepas dari dua arah, yaitu dari arah barat dilepas di Lapangan Fajar Desa Tambe. Sementara dari arah timur peserta dilepas di KUD Sinar Jaya Sila dan finis di Cabang Donggo. Berbagai pagelaran atraksi dan kesenian  ditampilkan pada pawai budaya ini, seperti Buja Kadanda, Adu Kepala, Pasukan berkuda, Kareku Kandei, Rimpu Mpida, Wura Bongi Monca, Hadrah, Gantao, Biola Khas Bima, Marawis, Drum Band, serta atraksi lainnya. 

Peserta Pawai saat berada di Depan Panggung Kehormatan.
Peserta disambut oleh Bupati Bima bersama Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Sekda, Kapolres Bima, Dandim 1608 Bima di depan panggung kehormatan di Cabang Donggo. Peserta diberi waktu beberapa menit untuk menampilkan atraksi dan pertunjukkan. Atraksi dan pertunjukkan peserta di depan panggung kehormatan manarik ribuan mata untuk menyaksikannya. Begitu pun dengan Bupati dan Wakil Bupati sangat mengapresiasi atraksi dan pertunjukan para peserta. 

"Terima kasih atas partisipasi semua elemen yang ikut memeriahkan pawai budaya ini," ungkapnya sambil menyambut satu persatu rombongan peserta pawai.

Bupati Bima bersama yang lainnya yang berada di panggung kehormatan terus melambaikan tangan menyambut kedatangan para peserta pawai.

Begitu pun kepada para wartawan yang ikut berpartisipasi memeriahkan pawai Budaya. Bupati mengapresiasi kreatifitas para wartawan yang mengenakan  Sambolo di Kepala yang terbuat dari bahan koran bekas. 

"Terima kasih kepada para wartawan yang telah berpartisipasi memeriahkan pawai budaya ini. Tetap semangat dan teruslah menjadi mitra pemerintah untuk membangun Kabupaten Bima kedepan," tuturnya.

Pawai tersebut menjadi perhatian ribuan mata masyarakat kecamatan Bolo yang saat itu sudah memadati areal sekitar Cabang Donggo. Karena banyaknya penonton di sekitar panggung, petugas sampai kewalahan menghalaunya. Akibatnya para peserta pawai pun kesulitan menampilkan atraksi atau pertunjukan. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.