DP3AP2KB Gelar Workshop Penguatan Kapasitas Caleg Perempuan - Kabar Bima

DP3AP2KB Gelar Workshop Penguatan Kapasitas Caleg Perempuan

Bima, KB.- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima, melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan, menggelar kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Peremuan, di Aula Gedung PKK Kabupaten Bima, Kamis (30/08/2018).



Kegiatan tersebut diselenggarakan khusus buat para Calon Anggota Legislatif (Caleg) Perempuan di Kabupaten Bima. Kegaitan tersebut akan dihadiri 52 orang peserta, yang semuanya adalah perempuan, utusan dari masing-masing Parpol.

Kepala DP3AP2KB, Drs. Aris Gunawan M.Pd saat memberikan laporan menjelaskan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka penguatan kapasitas perempuan untuk para caleg perempuan di Kabupaten Bima.  Karena  jumlah anggota legislatif perempuan masih sangat sedikit. SDM Calon anggota legislatif perampuan yang masih dianggap kurang, memunculkan kesan selama ini, hanya sebagai pelengkap saja.

"Kenyatan yang terjadi, pencalonan perempuan belum banyak terakomodir dibanding calon anggota legislatif laki-laki. Sehingga Calon anggota legislatif perempuan sangat diharapkan untuk bisa memperjuangkan kepentingan perempuan,"jelasnya.


"Dari 16 partai politik yang ada di Kabupaten Bima ada sebanyak 211 orang Caleg perempuan. Namun yang kami undang hanya 52 orang perwakilan dari 16 Parpol,"sebut kepala DP3AP2KB, Drs. Aris Gunawan M.Pd saat memberikan laporan pada acara tersebut.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten II, Ir.Nurdin. Dalam sambutanya Ir. Nurdin menjelaskan, Keterlibatan perempuan dalam politik amat penting. Sebab perempuan memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus yang hanya dapat dipahami paling baik oleh perempuan sendiri. Jika masalah-masalah perempuan tersebut dititipkan pada wakil-wakilnya yang tidak memiliki perspektif masalah perempuan, hampir dapat dipastikan bahwa kebijakan yang dikeluarkan tidak peka terhadap persoalon perempuan.

"Eksistensi perempuan dalam ranah demokrasi akan berdampalk posifif dalam mewanai dan memperkaya khasanah demokrasi yang berkualitas. Dinamisnya perkembangan arus demokrasi dewasa ini membuka ruang penerimaan yang cukup lapang bagi perempuan untuk menjadi pemimpin di berbagai posisi pengambilan keputusan, baik di pemerintahan maupun kemasyarakatan," jelasnya.

Tingkatkan kemampuan perempuan sampai memiliki kemampuan yang mumpuni dan juga yang tinggi untuk berkompetisi di Pemilu Anggota Legislatif pada Pemilihan Umum tahun 2019 sangat diperlukan dan terus ditingkatkan hingga tingkat keterpilihan perempuan dapat ditingkatkan secara signifikan. 

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri yang juga sempta hadir dalam acara tersebut berharap, agar pada pemilihan legislatif tahun 2019 nanti, ada banyak keterwakilan perempuan di parlemen. Sehingga bisa menjadi keterwakilan kaum perempuan dalam menyampaikan aspirasi, terutama yang berkaitan dengan masalah perempuan.

"Para caleg perempuan harus percaya diri dan bisa menunjukan bahwa perempuan mampu bersaing dengan laki-laki dalam hal mejadi wakil rakyat,"pesannya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.