Pemkot Bima Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Lombok - Kabar Bima

Pemkot Bima Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Lombok

Kota Bima,KB.- Pada edisi sebelumnya warga kelurahan Raba Ngodu sekaligus mantan anggota DPRD Kabupaten Bima, Abdul Nasir S.Sos mengkritik Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yang lamban mengirim bantuan kepada para korban gemba Bumi yang ada di Lombok Timur dan Lombok Utara. Kritikannya itu disampaikan pada media kabarbima.com pada Senin (06/08/2018) kemarin.

"Pemkot harus punya inisiatif untuk membantu saudara kita yang terkena musibah di Lombok, ini masalah kemanusiaan dan harus cepat bertindak,"katanya.

Setelah kritikan itu, hari Selasa (07/08/2018), Pemkot Bima mengirimkan sejumlah bantuan berupa bahan makanan (sembako) dan uang tunia sebesar Rp. 20 juta untuk korban Gempa di Lombok.

"Tidak benar kalau pemkot tidak mengirim bantuan, buktinya hari ini kita kirim bantuan sembako dan uang tunai hasil sumbangan seluruh ASN Kota Bima sebesar Rp. 20 juta, dan satu hari setelah gempa kita juga sudah mengirim bantuan melalui relawan BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima,"jelas Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin.

Lanjut Rian sapaan Kabag Humas, bantuan tersebut akan dikirim melalui BPBD sebagai kepanjangan tangan pemerintah. 

"BPBD akan berangkat ke lombok bersama dengan Dinsos pada pukul 11.00 siang ini (Selasa.red),"jelas Rian.

Kata Rian, kebetulan saat ini juga PJ. Walikota Bima sedang berada di Lombok untuk melihat langsung kondisi disana. Dan beliau meminta agar Pemkot segera mengirim bantuan tambahan secepatnya.

"Karena permintaan beliau, pak Sekda dan Ketua DPRD Kota Bima langsung menggelar Rapat bersama BUMN dan BUMD kaitan dengan bantuan itu,"tutur Rian.

Sementara itu, ditempat terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima Masrin S.Pt mengatakan, bantuan yang akan dibawa ke Lombok berupa sembako seperti Mie Instan, Minyak Goreng dan lainya. Sedangkan untuk Sandang berupa, Tikar, Selimut dan Terpal.

"Bantuan-bantuan ini akan segera dibawa ke Lombok pukul 11.00 siang ini, bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) lima orang, Kepala BPBD dan anggota lain," turur Marsin saat dikonfirmasi di kantor BPBD pagi tadi.

Marsin berharap, mudah-mudahan Bantuan ini dapat meringkatkan beban para korban gempa yang ada di Lombok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima Drs.H.Azhari yang ditemui kabarbima.com di ruang kerjanya pagi tadi mengatakan, terkait bantuan medis, pihaknya akan segera mengirim 5 orang tenaga medis yang terdiri dari 1 dokter dan 4 orang perawat.

"Kelima orang tim ini akan berangkat sore nanti dan tim medis ini dipimpin oleh dr.Faktur Rahman,"tutur Azhari.

"Semua perlengkapan medis seperti obat-obatan anti biotik dan lainya sudah kita siapkan, dan tinggal berakat,"kata Azhari.

Azhari menjelaskan, yang ditolong ini kan para korban gempa, otomatis korban gempa itu indentik dengan luka-luka dan yang harus dipersipkan adalah segala jenis obat-obatan.

Ditanya, kenapa dikes hanya membawa 5 tim medis saja sementara korban luka-luka disana banyak? mampu nggak ke 5 orang ini menangani ratusan Korban gempa? Azhari mengatakan,5 orang tim medis yang diberangkat ini, baru tahap pertama, nanti masih ada tahap berikutnya.

"Tahap pertama kita berangkat satu kelompok dulu selama tiga hari. Nanti kalau memang kurang dan masih membutuhkan tenaga medis, ya kita berangkatkan lagi,"ujarnya.

Dijelaskannya, kalau semuanya diberangkatkan, takutnya pelayanan kesehatan di Kota Bima nanti terhambat, mengingat tenaga medis di Kota Bima ini masih kurang.

"Masyarakat Kota Bima butuh pelayanan kesehatan, jadi kita tidak mau pelayanan kesehatan di Kota Bima terhamabat gara-gara tidak ada dokter,"pungkasnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.