Progres Pembangunan 8 Puskesmas Mewah di Bima, Sudah 30-50 Porsen - Kabar Bima

Progres Pembangunan 8 Puskesmas Mewah di Bima, Sudah 30-50 Porsen

Bima, KB.- Progres pembangunan 8 Pukesmas di Kabupaten Bima, sudah mencapai 30 hingga 50 porsen. Hal tersebut disampaikan M. Farid, SKM kepada kabarbima.com, Jumat (31/08/2018).

PPK Saat Monitoring Pembangunan Puskesmas
Menurutnya, dari 8 puskesmas tersebut, Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) sudah melakukan monitoring pelaksanaan pembagunan fasilitas pelayanan masyarakat yang bersumber dari APBN tahun 2018 tersebut.

"Dalam minggu ini, sudah beberapa kali dikunjungi oleh tim TP4D dalam rangka pengawasan. Dari 8 puskesmas tersebut sudah dikunjungi semua," ujarnya selaku PPK pembangunan Puskesmas yang juga kabid Pelayana Kesehatan (Yankes) di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

Dijelaskannya, Lokus DAK Afirmasi tahun 2018 di Kabupaten Bima ini ada di 8 lokasi Puskesmas yaitu,  Belo, Woha, Monta, Parado, Langgudu, Lambitu, Wera dan Pai. Total anggaran sebesar Rp.83.146.049.000 yang bersumber dari DAK Afirmasi tahun 2018. Lokus Afirmasi diperuntukan bagi sarana (pembangunan puskesmas), prasarana (air bersih, IPAL, genset, ousling single gardan, dan kendaraan roda 2)  dan ALKES.

Test Mutu Beton di Puskesmas Monta
"Progres pembagunan 8 Puskesmas tersebut sudah mencapai 30 sampai 50 porsen. Tim TP4D yang diketuai oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Raba Bima terus melakukan monitoring palaksanaan pembangunannya. Dalam Minggu ini aja sudah 3 kali turun ke lokasi, yakni pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Hari Rabu kemarin tim TP4D monitoring ke 4 puskesmas, yakni Belo, Langgudu, Pai dan Wera,"bebernya.

Lanjutnya, dari 8 lokasi pengembangan Puskesmas tersebut, 6 lokasi bangun baru dan 2 lokasi peningkatan dengan bangunan eksisting dalam kondisi baru (tidak dapat dibongkar), sehingga hanya menyesuaikan dengan fasad prototipe Puskesmas yaitu untuk Woha dan Langgudu. 

"Pada saat monitoring yang dilakukan bersama oleh Dinas Kesehatan (PPK), Ketua Tim TP4D juga melakukan tes mutu beton untuk struktur bangunan,"tuturnya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa puskesmas yang progresnya sudah mencapai 40 hingga 50 porsen ada dua Puskesmas, yakni Lambitu sudah 40 porsen dan Pai sudah 50 porsen. (KB-01/ ADV)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.