Rp.117 Juta Disalurkan IKATEK UNHAS, untuk Korban Gempa Lombok - Kabar Bima

Rp.117 Juta Disalurkan IKATEK UNHAS, untuk Korban Gempa Lombok

Lombok, KB.- Sejak terjadi bencana gempa berkekuatan 7.0 SC, yang melanda Pulau Lombok, Senin (06/08/2018) lalu yang menyebabkan lebih 400 orang meninggal dunia. Ikatan Alumni Teknik (IKATEK)/IKA UNHAS, melalui Pengurus DPW IKATEK UNHAS, melakukan penggalangan dana via Media Sosial. Hasilnya, hanya dalam satu minggu telah terkumpul dana Rp. 117.843.510,-

"Dana itu mayoritas berasal dari sumbangan Alumni Unhas yang tersebar di seluruh Nusantara. Namun ada juga bantuan dari Komunitas Bima, serta pihak lain. Bahkan ada dari Alumni Univesitas Brawijaya," ujar Ketua Umum DPW IKATEK UNHAS Bali-Nusra, Hadi Santoso, ST, MM kepada kabarbima.com, Senin (13/08/2018) malam. 

Hadi mengaku, sejak Selasa, (07/08) hingga hari ini (13/08), pihaknya telah melakukan distribusi bantuan bekerjasama dengan BPBD Loteng, BPBD KLU, Dinas ESDM provinsi NTB, TNI/POLRI, SSCM, termasuk IKA UNRAM/HIMPUNI untuk aksi peduli Lombok.

"Alhamdulliah, mulai hari ke dua pasca gempa, team terpadu telah bergerak mendistribusikan bantuan hingga sekarang. Insya Allah, akan berlanjut hingga seminggu ke depan," imbuh Hadi. 

Sementara itu, Koordinator Aksi Peduli Lombok IKATEK-IKA UNHAS, Ir. Syamsul Ma'rif, menjelaskan bahwa pihaknya telah mendistribusikan barang-barang yang sangat dibutuhkan korban, yang terdiri dari 210 lbr terpal/tenda, tikar 300 lbr, selimut 350 lembar, air minum 510 dus, beras 500 kg, mie instan  25 dus, mie kuning 150 bks, telur 1260 butir, Roti/snack 10,5 dus, susu Ultra 7 dus, popok bayi 6 dus, pembalut wanita 8 dus, nasi Bungkus 300 bks, serta paket Obat-obatan.

"Dalam pendistribusian kami gunakan dua pola. Yakni lewat posko terpadu dan pendistribusian langsung ke lokasi bencana, terutama daerah yang sulit dijangkau. Bahkan, alhamdulillah beberapa desa yang kami bantu, benar-benar belum tersentuh bantuan," terang Ir. Syamsul Ma'rif, yang didampingi Firmansyah, ST, Arida Nuriza, ST, Baiq Tiesnawati, ST, Kusnadi, ST, M. Eng, Agus Heru Purnomo, ST , Firmansyah Ilho, ST, Lalu Pahrurrozi, ST, Serta Mrs. Lily (German).

Bantuan yang diserahkan pada posko terpadu, diterima langsung oleh Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, MH, dan Sekda Lombok Tengah, H.M. Nursiah, S. Sos. Sementara, daerah-daerah yang langsung didroping bantuan oleh Team IKATEK-IKA UNHAS, antara lain, Lombok Timur : Desa Labuhan Lombok, Desa Pringgabaya, Desa Pohgading, Desa Batuyang.
Di Lombok Tengah : Desa Batuk Liang, Desa Tampak Siring, Desa Montong Gamang, Desa Aik Darek, Desa Aik Berik, Desa Selebung.

"Sementara di KLU, selain dropping di Posko Terpadu, kami juga langsung dropping bantuan ke Desa Dusun Temborok Kecamatan Sigar Penjalin. Dusun Menggala Kecamatan Pemenang, Kecamatan Gangga, dan Kecamatan Kayangan," tutup Syamsul Ma'rif. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.