Seluruh OPD di Kabupaten Bima akan Mengikuti Lomba Tata Kelola Arsip - Kabar Bima

Seluruh OPD di Kabupaten Bima akan Mengikuti Lomba Tata Kelola Arsip


Bima, KB.- Tahun 2017 lalu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bima, telah mengadakan kegiatan workshop tentang tata kelola dokumen dan arsip untuk masing-masing OPD. Tahun ini, Dinas Perpustakaan akan menggeloar lomba Tata Kelola Arsip tingkat OPD yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan September.

Kabid Kearsipan bersama tim saat melakukan pembinaan di salah satu OPD.

Menjelang lomba tata kelola Arsip, panitia pendamping Tim Juri yang terdiri dari, Inspektur Pembantu, Kabag Hukum, Kabag OPA, Kabid Kesra BKD, Kabid Arsip, Kabid Komunikasi Publik Diskominfostik, tiga orang Kabid BPPKAD, Kamis (30/08/2018)  melakukan pembinaan untuk melihat langsung persiapan OPD mengikuti Lomba Penataan Arsip yang akan dihelat pada pekan ketiga di bulan September mendatang. 


Kamis siang, Tim menyisir OPD yang berkantor di Desa Godo, mulai dari Dinas Dikbudpora, Disdukcapil, Dishub, BPBD, Perkim, Dikes, Sat Pol PP, BPPKAD dan Setda.

Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip, Julkifli SH, MH kepada kabarbima.com via selularnya mengatakan, pemantauan dimaksudkan untuk melihat dari dekat OPD mana yang telah melakukan tata kelola arsip sesuai ketentuan regulasi. 

"Karena, dalam Bulan September 2018 mendatang, Tim Juri dari ANRI dan Pemprov NTB, akan menilai langsung untuk memastikan pemenuhan ketaatan asas dari OPD sampai ke tingkat bawah,"jelasnya. 

"Berdasarkan hasil pemantauan, evaluasi dan pembinaan, kata Julkifli, sudah ada beberapa OPD yang telah menerapkan sistem tata kelola arsip dengan baik, walaupun masih dilakukan penyempurnaan,"sambungnya. 

Dari hasil kunjungan lapangan tersebut, juga menemukan masih ada sebagian OPD yang belum melakukan tata kelola sesuai dengan amanat Peraturan Perundang-undangan. " Untuk itu, diharapkan ke depan, seluruh OPD dapat melakukan pendataan sekaligus memahami arti pentingnya sistem tata kelola kearsipan,"harapnya. 

Diakhir wawancara, Julkifli mengatakan bahwa pada Senin (03/09/2018) awal pekan ini, Tim akan melakukan peninjauan OPD lingkup Pemkab Bima yang masih ada di wilayah Kota Bima. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.