Tak Bantu Korban Gempa Lombok, Pemkot Bima Disorot Warga - Kabar Bima

Tak Bantu Korban Gempa Lombok, Pemkot Bima Disorot Warga

Kota Bima, KB.- Peristiwa Gempa Bumi yang melanda masyarakat di Pulau Lombok menyita perhatian sejumlah daerah, termasuk propinsi lain. Daerah-daerah di NTB termasuk di luar NTB berbondong-bondong mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa. Terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, yang sampai hari ini diketahui belum mengirimkan bantuan untuk para korban gempa.

Abdul Natsir, S.Sos
Akibat lambatnya Pemerintah Kota Bima mengambil inisiatif untuk membantu para korban gempa, warga Kota Bima pun mulai menyoroti sikap acuh Pemkot Bima. Abdul Natsir, S.Sos Warga kelurahan Raba Ngodu menyoroti pemeritah Kota Bima yang lamban mengirimkan bantuan.

Menurutnya, Pemerintah Kota Bima pernah dibantu juga oleh masyarakat dan pemerintah di Pulau Lombok saat musibah banjir yang melanda Kota Bima beberapa waktu lalu. Mestinya Pemerintah Kota Bima juga harus tanggap untuk membantu warga di Lombok.

"Ini masalah kemanusiaan, Mestinya pemerintah Kota Bima harus bergerak untuk membantu. Apalagi ini urusan sesama pemerintah. Daerah lain di luar NTB saja sudah membantu, apalagi kita yang satu Provinsi dan pernah membantu kita waktu bencana banjir," sorot mantan anggota DPRD Kabupaten Bima itu.

Lanjutnya, Pemerintah  Kota Bima harus sensitif, mengambil  inisiasi dan menunjukan  kepedulian terhadap  musibah kemanusiaan ini.  Pemerintah Kota Bima setidaknya mengirim  bantuan tenaga medis yang sangat dibutuhkan,  termasuk bantuan logistik,  makanan, pakaian dan lainnya.  

"Ingat daerah ini pernah mengalami  bencana banjir dan dibantu oleh pemerintah  lain. Lombok dulu bergerak cepat,  Kabupaten Dompu,  Kabupaten Bima,  bahkan luar propinsi juga sudah membantu.  DPRD dan eksekutif  harus tanggap, jangan bediam diri.  Sekarang masyarakat  Kota Bima bergerak  secara kelompok dan lintas profesi saja yang bergerak melakukan  donasi," tandasnya.  

Pemkot harus bergerak  cepat segera kirim bantuan  yang dibutuhkan oleh masyarakat  Lombok utara  yang sedang dalam kesulitan, mereka tidur dalam tenda, tak ada makanan, obat-obatan, tenaga medis yang sangat kurang baik perawat, bidan maupun dokter.

"Saya melihat, sejak musibah gempa di Lombok Timur hingga Gempa yang kedua ini, pemerintah Kota Bima belum bergerak untuk mengirimkan bantuan. Padahal ada tersedia dana taktis untuk bencana, tinggal digunakan saja seperti daerah lain. Segera BPBD, Dikes dan instansi terkait mengambil langkah nyata dan bereaksi cepat,"tuturnya.  

Dirinya berharap bantuan dan dukungannya  Pj Walikota Bima dan Sekda Kota Bima, untuk segera  tanggap terhadap musibah yang menimpa saudara kita di Lombok Utara. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.