90 Unit Rumah NSD Awal Tahun 2019 Siap Ditempati - Kabar Bima

90 Unit Rumah NSD Awal Tahun 2019 Siap Ditempati

Kota Bima, KB.- Sebanyak Sembilan Puluh (90) unit rumah NSD (New Site Development) bantuan dari pemerintah pusat, yaitu Kementrian PUPR akan segera ditempati pada awal tahun 2019 mendatang.

Pujawan, STP
"Awal tahun 2019 nanti sekitar bulan Januari, rumah NSD sudah bisa ditempati,"ujar Kabid Kawasan Pemukiman, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Bima Pujawan, STP saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/09/2018).

Kata dia, bantuan rumah tersebut jumlahnya sebanyak 218 unit, untuk tahap pertama dibangun 90 unit, terus sisanya 128 unit akan dibangun pada tahap dua nanti.

"Sekarang 90 unit tahap pertama lagi dalam proses finising,"katanya.

Rumah tersebut lanjut dia, baru bisa ditempati setelah ada serah terima hibah dari pemerintah pusat, melalui pemerintah provinsi.

Sementara untuk biaya sewa NSD kata dia, berkisar mulai dari Rp. 88.775 sampai dengan Rp. 228.647 selama 10 tahun.

"Rumah akan disewakan selama 10 tahun, terhitung mulai tahun 2019-2028. Dan setiap tahun biaya sewa rumah tersebut akan naik mulai dari 88.775 sampai dengan 228.647. Kenapa naik? Karena setiap tahunnya pasti ada pemeliharan fasilitas seperti air bersih dan lainya,"jelasnya.

"Jadi masyarakat penerima manfaat akan tinggal selama 10 tahun sampai bisa membangun rumah sendiri, jadi rumah NSD itu hanya tempat tinggal sementara saja tidak permanen atau tidak bisa jadi hak milik. Setelah mereka sudah punya rumah sendiri mereka akan keluar terus diganti lagi dengan yang lain. Tapi jika selama jenjang waktu 10 tahun itu mereka belum mampu membangun rumah sendiri, maka bisa diperpanjang selam 5 tahun lagi,"jelasnya.

Ditanya seperti apa saja kriteria calon penerima manfaat?  Kriterianya, pertama keluarga yang tinggal di kawasan pemukiman kumuh, kedua keluaraga yang bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau anggota TNI/Polri. Ketiga, keluarga yang masuk katagori miskin sesuai kriteria BPS dan keempat , keluaraga yang siap dipindah secara sukarela. Kelima, keluarga yang belum pernah terima bantuan subsidi dari pemerintah. Dan Terakhir yang paling diprioritaskan yaitu kepala kelusrga perempuan (janda) atau masyarakat renta lainnya.

Lanjutnya, NSD ini masa kontraknya habis pada tanggal 6 Oktober 2018 mendatang dan sekarang lagi dalam proses pembuatan jalan lingkungan, pemasangan air bersih dan listrik.

Perlu diketahui, tujuan utama dibangunya NSD ini yaitu, untuk penanganan kawasan kumuh lewat salah satu program NUDP2 kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Catatan penting bagi penerima manfaat, jagalah kebersihan dan jangan membah bangunan yang membuat tempat tersebut menjadi terlihat kumuh.

"Intinya jangan sampai lingkungan tersembut menjadi kumuh lagi,"harapanya. (KB-04)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.