BPMDes OPD Terburuk se Kabupaten Bima dalam hal Pengelolaan Arsip - Kabar Bima

BPMDes OPD Terburuk se Kabupaten Bima dalam hal Pengelolaan Arsip

Bima, KB.- Setelah mengunjungi 10 Organisasi Perangkat  Daerah yang berkantor di Godo  pada Jumat (30/08/2018)  dan pada Senin (03/09/2018) pagi kemarin, panitia pendamping Tim Juri  kembali menyisir 18 OPD yang berkantor di Kota Bima.

Kondisi penyimpanan arsip di BPMDes Kabupaten Bima.
Dalam agenda kunjungan untuk melakukan pembinaan dan melihat langsung persiapan OPD untuk mengikuti Lomba Penataan Arsip, yang akan dihelat pada pekan ketiga di bulan September mendatang, panitia menemukan ada beberapa OPD yang belum menerapkan Perbup Nomor 55 tahun 2017 tentang pengelolaan arsip dinamis Pemerintah Kabupaten Bima.

Dua OPD yang belum menerapkan Pebup tersebut diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Bima.

"OPD yang paling buruk se Kabupaten Bima dalam hal pengelolaan arsip adalah BPMDes. 99 porsen belum menerapkan Perbup, karena arsip di dinas ini masih terlihat berantakan. Bahkan sarana dan prasrananya penyimpanan arsip belum ada," beber Kabid Kearsipan Julkifli SH,  M. Hum, saat melakukan pembinaan di BPMDes Senin (03/09/2018).

Padalah menurut Jul, ada staf OPD yang telah dibina dan dilatih secara khusus selama 3 kali pertumuan untuk mengelola dan menata arsip di masing-masing OPD. Namun belum menerapkannya sama sekali.  

Untuk itu, dalam kurun waktu 2 minggu ke depan OPD yang belum menerapkan Perbup ini diberikan waktu untuk melakukan perbaikan dan penataan arsip. Sehingga pada Minggu III bulan September 2018,  Tim juri dari Arsip Nasional RI (ANRI) yang akan turun melakukan penilaian, OPD sudah siap untuk dilakukan penilaian.

Panitia pendamping Tim Juri yang turun menyisir OPD di Kota Bima, terdiri dari Inspektur Pembantu Andi Haris N. S. Ip ,  Kabag Hukum Amar Ma'ruf,  SH, Kabag OPA Syamsul Bahrain, S.IP,  M.Si, Kabid Kesra BKD Dr. Rusli M.Si, Kabid Komunikasi Publik & Diseminasi Informasi Diskominfostik Suryadin SS,  M.Si, Hariman SE, M.Si,  Arifuddin, SE, M.Si dan M. Budiharta,  SE (Kabid BPPKAD), dan Kabid Kearsipan Julkifli SH,  M. Hum. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.