Pengawasan Tata Kelola Arsip Harus Lebih Diperketat - Kabar Bima

Pengawasan Tata Kelola Arsip Harus Lebih Diperketat

Bima, KB.- Arsip memiliki peran penting sebagai bukti atas tujuan organisasi, fungsi kebijakan, keputusan-keputusan, prosedur-prosedur, kegiatan lainnya sebagai informasi penting yang ada dalam pemerintahan/instansi.

Dalam upaya meningkatkan kinerja instansi pemerintah dalam tatakelola arsip,  Tim Penilai Lomba Penataan Arsip dari Arsip Nasional RI (ANRI) dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB  melakukan kunjungan  langsung ke sejumlah OPD baik yang berkantor di Godo-Woha maupun di wilayah Kota  Bima selama  tiga hari dari tanggal  26 sampai dengan tanggal 28 September 2018 berhasil menuntaskan tugasnya.

Setelah melakukan kunjungan pada 12 OPD pada hari I Rabu (26/09/2018) dan dilanjutkan dengan kunjungan ke 18 OPD pada hari Kamis -Jumat (27-28  September) Tim yang dipimpin oleh Kabid Pembinaan dan Pengelolaan Arsip Dinamis H. Suhaimi, MM memberikan pandangan berkaitan dengan hasil penilaian pada 30 OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima tersebut.

Dikatakan Suhaimi, mengacu kepada hasil tinjauan ke semua OPD selama 3 hari, Tim Juri berpandangan bahwa pembinaan OPD oleh lembaga kearsipan daerah telah mulai ditata dengan baik meskipun tidak semuanya telah memenuhi standar yang ditetapkan.

"Oleh karena itu, bagi OPD yang belum  seluruhnya menjalankan amanat Peraturan Bupati tentang tatakelola kearsipan agar segera berbenah diri,"jelasnya.

Disamping itu Suhaimi mengharapkan agar ke depan, pembinaan dan pengawasan dalam tata kelola kearsipan harus lebih diperketat. (KB-01/Komf)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.