TRC Kota Bima Terbentuk - Kabar Bima

TRC Kota Bima Terbentuk

Kota Bima, KB.- Tim Reaksi Cepat (TRC) sebagai bagian penting menguatkan sistem penanggulangan bencana, baru-baru ini dibentuk Pemerintah Kota Bima. Pembentukan TRC tersebut langsung dibawah kendali Badan Peanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai leeding sector terkait. 

Foto Bencana Banjir di Kota Bima 
Kasi Rehab BPBD Kota Bima, Awan Darmawan pada Kabar Bima, Jum’at lalu menjelaskan, penanggulangan bencana di kota tidak bisa ditangani satu pihak saja, perlu ada peran bersama. Atas latarbelakang itulah BPBD, kata Awan (sapaannya), telah membentuk TRC Kota Bima. 

Tim yang bertugas memberikan pertolongan dini secepat mungkin itu, katanya, beranggotakan 55 orang. Orang-orang pilihan yang masuk dalam TRC diakuinya memiliki tugas yang sangat berat. Mulai dari analisa bencana, keputusan cepat hingga kemampuan penyelamatan di lapangan. 

“Tim ini beberapa pekan lalu. Tim ini merupakan gabungan dari beberapa OPD,”tambahnya menjelaskan. 

Guna menjadikan tim tersebut mumpuni dan memiliki kemampuan khusus, sambungnya, akan dilatih secara kontinyu dengan berbagai teknik pertolongan dengan reaksi cepat yang harus dimiliki nantinya. 

“Pelatihan yang diikuti bukan saja level daerah, tetapi juga ditingkat nasional,”katanya. 

Untuk menambah ketangguhan TRC, katanya, sudah ada beberapa perlengkapan yang disiapkan. Mulai dari dua unit kapal karet, empat unit kapal fiberglass serta beberapa perangkat lain yang dibutuhkan. “Kami juga akan menyiapkan perlengkapan lain tahun depan. Sehingga TRC kota akan semakin tangguh,”janjinya. (KB-06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.