BKM Bina Mandiri Kelurahan Panggi 'Sulap' Lingkungan Kumuh Jadi Bersih - Kabar Bima

BKM Bina Mandiri Kelurahan Panggi 'Sulap' Lingkungan Kumuh Jadi Bersih

Kota Bima, KB.- Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Bina Mandiri Kelurahan Panggi Kecamatan Mpunda Kota Bima, dibawah koordinator Lukman AB, sedang melaksanakan pembangunan  gang dan drainase serta normalisasi pipa air bersih. Pembangunan tersebut merupakan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun anggaran 2018.

Menurut Lukman,  ada di tiga RT dulunya sebagai kawasan kumuh. Namun setelah Program Kotaku menata lingkungan tersebut berjalan sukses, saat ini sudah menjadi bersih dan nyaman untuk berinteraksi masyarakat sekitarnya. 

"Semenjak adanya program Kotaku,  gang sudah bersih dan bebas dari banjir," lelaki yang akrab disapa Luken itu, kepada kabarbima.com, (Kamis (11/10/2018).

Lukman mengaku, masyarakat senang melihat adanya program Kotaku yang sudah terbukti mengentaskan kekumuhan. "Saya menginginkan akses jalan bagus, dan yang dulunya lorong gang kumuh menjadi bersih dan asri,"ujarnya.

Lelaki yang juga mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kota Bima dapil II dari partai PKB ini, menginginkan program Kotaku bersinambungan dan berkelanjutan untuk membedah lingkungan yang kumuh menjadi bersih dan tampak indah. 

"Program Kotaku terbukti meningkatkan derajat masyarakat," ujarnya.

Lanjut dia, Semoga masyarakat dapat menikmati semua fasilitas yang ada dan memanfaatkannya demi kehidupan yang lebih baik dan tentu harus menjaganya. Kegiatan Kotaku meliputi baseline data kumuh, pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh melalui pola percepatan pembangunan, pencegahan, dan peningkatan kualitas permukiman kumuh melalui kolaborasi kota.

"Tujuan program Kotaku, yaitu meningkatkan akses infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan," pungkas Luken. 

Warga Kelurahan Panggi, M.Kasim mengaku banggga melihat kinerja BKM Bina Mandiri yang bekerja menata lingkungan dengan melakukan pengecoran drainase beton sesuai keinginan masyarakat.

"Pengerjaan akses jalan lingkungan dilakukan BKM Bina Mandiri itu sangat membantu masyarakat Kelurahan Panggi," imbuhnya. 

Untuk itu, dirinya bersama warga lain akan menjaga dan melakukan perawatan lingkungan, gang serta air bersih yang sudah dikerjakan BKM Bina Mandiri, agar tetap bersih dan terawat sehingga bisa digunakan untuk kurun waktu yang cukup lama. 

"Warga Kelurahan Panggi akan menjaga lingkungan serta air bersih yang sudah ada agar tetap terawat dan dimanfaatkan secara berkelanjutan," janji Kasim. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.