Khusus NTB dan Sulteng, Operasi Zebra Berbeda dengan Daerah Lain - Kabar Bima

Khusus NTB dan Sulteng, Operasi Zebra Berbeda dengan Daerah Lain

Mataram, KB.- Polres Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Operasi Zebra di Jln. Langko depan Polres Mataram. Operasi tersebut yang merupakan kegiatan razia serentak seluruh Indonesia. Operasi Zebra dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober sampai tanggal 12 November 2018.

Kasat Lantas Polres Mataram, AKP Ricky Yuhanda, SE., SIK.,  mengatakan bahwa razia ini dalam rangka operasi zebra 2018, dan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Tetapi khususnya untuk wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah (Sulteng), razia lebih mengedepankan kemanusiaan dan penegakan hukum hanya 20% saja. 

"Khusus untuk Polda NTB dan Polda Sulteng, karena baru terjadi musibah gempa, formatnya  operasi simpatik. Kita sedikit saja penindakannya, tapi lebih banyak ke teguran," ujar AKP Ricky Yuhanda, Selasa (30/10/2018).

Operasi zebra ini digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Sementara untuk menegakan hukum hanya 20 % dengan memberikan teguran bagi yang melanggar.

"Kita melaksanakan razia ini lebih mengedepankan kemanusiaan, berupa memberikan himbauan dan teguran, sementara untuk penegakan hukumnya hanya 20%," ucapnya.

Dijelaskannya, pada saat razia berlangsung, pihak kepolisian melakukan tilang terhadap pengguna jalan atau pengendara roda dua yang tidak mematuhi aturan dan dan belum ada kendaraan yang ditahan.

"Ini kegiatan baru satu hari dimulai, jadi belum ada yang kita tahan. Baru ada yang kita tilang saja, itu pun pelanggaran kasat mata," ungkap Ricky.

Lanjutnya, untuk kegiatan razia waktunya selalu berubah-rubah. Bisa saja hari ini sore, besok pagi, besok siang atau besok malam. Jadi tidak menentu," jelasnya

AKP Ricki Yuhanda, berharap kepada masyarakat dengan adanya razia ini, agar melengkapi kelengkapan kendaraannya sebelum berkendara. 

"Razia zebra ini dikhususkan pelanggaran yang kasat mata. Yang tidak pakai helm itu yang ditindak,  selebihnya misalkan tidak memiliki kaca spion kita kasih sedikit himbauan dan teguran saja," ungkapnya.

Selanjutnya, pihak Kepolisian membagikak brosur kepada pengendara ruda dua maupun roda empat agar tahu bahwa Polres Mataram gelar razia.

"Kita di sini kasih brosur biar masyarakat tahu bahwa saat ini Polres Mataram dan Polres lainnya seluruh Indonesia melaksanakan operasi zebra," pungkasnya. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.