Satu Korban Meninggal Dunia Saat Rajia Zebra Gatarin 2018 - Kabar Bima

Satu Korban Meninggal Dunia Saat Rajia Zebra Gatarin 2018

Mataram, KB.- Selasa kemarin (13/11/2018), Kapolres Mataram, AKBP Saifu Alam, SH., MH menggelar jumpa pers hasil dari Operasi Zebra Gatarin 2018.  Kapolres didampingi  Kasubbag Humas, Ipda Wiwin Widarti. Jumpa Pers tersebut juga dihadiri  AKP Ricky Yuhanda, SE, SIK. selaku Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Mataram.

Polres Mataram telah melaksanakan Operasi Zebra Gatarin 2018. Operasi ini dilaksanakan 14 hari mulai dari tanggal 30 Oktober sampai 12 November. 

"Dari operasi ini kita melakukan penilangan terhadap pelanggar 529, teguran 68 dan kita juga melakukan penyitaan terhadap SIM 290, STNK 199 dan kita mengamankan kendaraan 40. Sehingga jumlah semuanya adalah 529," ungkap Saiful Alam.

Dalam operasi ini melibatkan 50 personil diantaranya adalah personil dari Polri, personil dari Brimob, Dishub dan POM TNI, semuanya bekerja sama-sama untuk menciptakan situasi lalu lintas yang kondusif. 

"Pada saat dilakukan Operasi Zebra Gatarin, ada satu korban meninggal dunia yaitu yang di Daerah Narmada, dimana pada saat itu memang pengguna jalan tidak memperhatikan kondisi jalan dan berputar arah secara mendadak, yang belakang juga tidak menjaga jarak sehingga terjadilah kecelakaan yang keduanya tidak menggunakan helem sehingga mengakibatkan meninggal dunia," cetus Kapores Mataram.

Pada operasi zebra melakukan penilangan terhadap pengguna jalan yang berpotensi laka (kecelakaan) lantas seperti melawan arus, tidak menggunakan kelengkapan kendaraan bahkan anak di bawah umur juga mobil yang seharusnya bareng digunakan sebagai penumpang. 

"Penilangan dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan yang berpotensi laka lantas yang kasat mata dilihat oleh aparat penegak hukum, sedangkan kita menggunakan teguran apabila kita temukan pengendara pengguna lalu lintas yang hanya pelanggaran-pelanggaran ringan yang tidak berpotensi laka seperti spion yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Kita melakukan himbauan Kepolisian semoga tidak terjadi laka lantas," ujar Saiful Alam.

Kapolres Mataram, berterima kasih kepada masyarakat dan aparat-aparat penegak hukum mau pun instansi sudah berartisipasi untuk terlibat dalam kegiatan ini.

"Semoga dengan adanya operasi Kepolisian Rajia Zebra Gatarin 2018 ini disiplin berlalu lintas tetap terjaga di wilayah hukum Polres Matatam," katanya.

Kapolres Mataram berharap keada masyarakat harus mengantisipasi diri dengan piranti-piranti atau dengan alat-alat atau benda-benda yang melindungi seperti helem, sepion, lampu sen untuk menghindari dari laka lalu lintas, juga orang tua tidak mudah memberikan kendaraan terhadap anak yang di bahwah umur karena belum bisa melakukan kontrol mengendalikan diri terhadap kendaraan yang dia pake.

"Pada tahun kemarin dari data yang ada di kami terjadi penurunan yang kemarin penilangan 2. 719 sekarang 529. Tentu saja disamping ini juga operasi Kepolisian pasca bencana yang ada di sini arus lalu lintas belum pulih 100%," jelasnya. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.