Sebelum Banjir di Dompu, BMKG Sudah Keluarkan Warning - Kabar Bima

Sebelum Banjir di Dompu, BMKG Sudah Keluarkan Warning

Bima, KB.- Pada Jumat, 09 November 2018, Kabupaten Dompu dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang menyebabkan terjadinya banjir bandang di beberapa desa di Kabupaten Dompu yaitu di Desa Songgajah dan Desa Tolokalo.


Sebelumnya Stasiun Meteorologi Bima telah memberikan peringatan dini cuaca ekstrem (Warning) akan terjadinya hujan sedang hingga lebat pada pukul 13.10 Wita dan pukul 16.10 Wita.


"Dari pengamatan  Citra Radar Cuaca terlihat bahwa adanya pertumbuhan awan konvektif (awan hujan) yang tumbuh secara signifikan, hal ini disebabkan karena adanya daerah konvergensi (pertemuan angin) dan sirkulasi Eddy (sirkulasi tertutup) di wilayah Pulau Sumbawa yang membuat terjadinya penumpukan massa udara di wilayah Bima," jelas Kepala BMKG Bima Topan, kepada kabarbima.com Jumat (09/11/2018).

Menurutnya, karena adanya penumpukan massa udara tersebut, Sehingga memicu  pertumbuhan awan-awan konvektif pada daerah tersebut, selain itu terpantau Suhu Muka Laut (SST) yang cukup hangat di wilayah Perairan Utara dan Selatan Pulau Sumbawa yaitu berkisar (29 oC - 30 oC) dan kelembaban udara yang cukup tinggi  hingga lapisan 700 mb juga berkontribusi dalam memicu terjadinya hujan sedang-lebat tersebut. 

"Kami memprediksi untuk 3 hari kedepan untuk wilayah NTB khususnya Bima sendiri masih berpeluang untuk terjadi hujan sedang- lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan selalu peka terhadap informasi cuaca yang didiseminasikan oleh  BMKG," tuturnya. (KB-01)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.