Jajaran Korem 162/WB Adakan Penghijauan - Kabar Bima

Jajaran Korem 162/WB Adakan Penghijauan

Mataram, KB.- Menyambut Hari Kartika Juang ke 73 tahun 2018, seluruh Kodim jajaran Korem 162/WB melaksanakan reboisasi berupa penanaman pohon di lokasi-lokasi startegis terutama di daerah tandus dan gundul akibat penebangan liar oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu diungkapkan Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., disela-sela kesibukannya, Jumat (7/12/2018). Menurutnya, musim hujan ini sangat tepat untuk melakukan kegiatan penanaman pohon, karena selain cepat tumbuh juga tanahnya subur sehingga persentase untuk hidup lebih besar.

"Saya mengajak seluruh stake holder yang ada di Kabupaten/Kota dan masyarakat NTB untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, terutama hutan karena di beberapa titik, hutan kita sudah mulai gundul dan ini akan rawan tanah longsor dan banjir," kata Ahmad Rizal.

Oleh karena itu sambungnya, tidak ada lagi yang melakukan penebangan hutan secara liar dan semaunya, namun semua masyarakat juga harus ikut merasa memiliki hutan dengan menjaga dan melestarikannya secara bersama-sama.

Hari ini Kodim 1606/Lobar dan Kodim 1608/Bima melaksanakan penghijauan bersama pemerintah daerah, Kepolisian, anak-anak sekolah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan penanaman pohon sengon, kemiri, pinang dan lain-lain.

Sementara Kapenrem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos., menyampaikan penanaman pohon ini selain dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 73 tanggal 15 Desember 2018 mendatang juga untuk membantu pemerintah daerah guna menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

"Tadi pagi juga dari Kodim 1607/Sumbawa menggelar karya bhakti pembersihan pantai sebagai salah satu upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan," jelasnya.

Mayor Inf Dahlan juga menyebutkan, pada Rabu (05/12/2018) kemarin Korem 162/WB juga melaksanakan kegiatan penanaman 5000 pohon di daerah Kuripan Lombok Barat dalam rangka mengurangi pemanasan global, polusi udara dan melindungi hutan dari banjir dan tanah longsor.

"Semoga apa yang kita perbuat bersama ini bisa bermanfaat untuk generasi penerus dimasa yang akan datang dengan tetap menjaga kelestarian hutan dan lingkungan," pungkasnya. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.