Bank NTB Kembalikan Uang Nasabah yang Terdebet - Kabar Bima

Bank NTB Kembalikan Uang Nasabah yang Terdebet

Kota Bima, KB.- Kabar yang sempat viral beberapa hari lalu, soal terdebetnya saldo rekening saat hendak melakukan transaksi. Yaitu, transaksi penarikan uang, namun jumlah penarikan atau uang yang ditarik tidak keluar di mesin ATM.

Erni Rosdiana.
Pada Kamis (10/01/2019), Wakil Pimpinan Bank Syariah NTB Cabang Bima, Erni Rosdiana, kepada kabarbima.com, mengatakan, terkait hal itu, dirinya meminta nasabah yang mengalami hal tersebut, segeralah datang ke Bank. 

"Di pihak Bank, nanti ada format yang harus diisi oleh nasabah. Disitu ada semua, mulai dari jumlah yang terdebet berapa, kejadiannya tanggal berapa, jam berapa, di terminal ATM mana,  pokoknya semua dapat diketahui kembali dan ditandatangani langsung oleh nasabah format tersebut," kata wanita ramah itu pada di ruang kerjanya.

Dia menjelaskan, dasar dari format yang diisi itu, akan kirim pada pihak Cash Center. Yaitu, untuk dilakukan validasi data. "Nanti cash center akan membalas,  bahwa ini memang terdebet. Setelah itu, kami akan langsung mengkreditkan kembali ke rekening yang bersangkutan," terangnya.

Lanjutnya, ada juga by sistem, yang dapat langsung dikoreksi oleh sistem. Yaitu, ketika ada notifikasi melalui resinya, bahwa transaksi itu gagal, maka dengan sendirinya by sistem akan kembalikan. "Nah, tapi ada juga yang terjadi seperti yang kemarin itu, saat nasabah ingin melakukan transaksi penarikan, tiba-tiba terjadi sistemnya down," tutur Erni.

Sementara itu, komplain nasabah, mestinya langsung mendatangi Bank. Kendati demikian, akan dibantu melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan tersebut. "Hal yang demikian, kemungkinan akan terjadi, tapi tetap ada pengembalian kalau memang itu, ada yang terdebet," ujarnya.

Dia mengaku, sebelumnya, tidak pernah terjadi hal seperti sekarang ini. Karena menurutnya, nasabah tersebut, masih awam dalam memahami hal demikian. "Mungkin ini, yaitu nasabah kami yang belum mengerti. Karena, ini sebenarnya, hal biasa yang terjadi disaat-saat tertentu. Dan nanti, akan diproses sesuai dengan mekanisme Bank Syariah NTB. Yaitu, dengan cara tadi, langsung datangi Bank Syariah NTB, lalu nanti akan dibantu oleh pihak kami untuk mengembalikan uang tersebut," bebernya.

Sementara nasabah itu, kata dia, telah mendatangi pihak Bank Syariah NTB dan masalah tersebut sudah clear dan uangnya sudah dikembalikan. "Alhamdulillah, kemarin nasabah itu, datang kesini dan uang yang terdebet sudah dikembalikan. Terus saya bilang, kalau ada hal-hal semacam itu, langsung saja datang ke Bank, agar bisa diproses sesuai prosedur dan tentunya akan dibantu untuk proses penyelesainnya,"tutupnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.