Dandim 1608/Bima : Tidak Cukup Menanam Saja, Merawat Hutan Jauh Lebih Penting - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Dandim 1608/Bima : Tidak Cukup Menanam Saja, Merawat Hutan Jauh Lebih Penting

Kota Bima, KB.- Pada pelaksanaan program penghijauan Hutan dan Lahan untuk Kota dan Kabupaten Bima, dihimbau kepada seluruh lapisan elemen masyarakat pun lainnya, agar menjaga awal dari perubahan nyata tersebut.

Letkol Inf, Bambang Kurnia Eka Putra (Dandim 1608 Bima)
Komandan Kodim 1608/Bima, Letkol Inf, Bambang Kurnia Eka Putra, mengajak publik untuk berkontribusi dalam hal membantu proses keberhasilan Rehabilitasi Hutan dan Lahan. "Kita harapkan partisipasi masyarakat, untuk ikut berperan dalam memperbaiki lingkungan kita. Tidak hanya saat menanam saja, tetapi juga ikut merawat sampai kedepannya,"ujarnya pada Wartawan kabarbima.com, saat di lokasi Penanaman Perdana Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Sabtu (26/01/2019).

Dia menegaskan, pada pemilik-pemilik lahan tersebut, untuk tetap merawat kelestarian alam yang sedang dibangun itu. Kata dia, ketika nanti saat musim panen jagung, juga selesai itu, jangan ada penebangan pohon lagi, apalagi hasil tanaman penghijauan itu. "Itulah harapan kita semua, agar stabilitas Daerah pun terjaga kedepannya," tutupnya tegas.

Lokasi yang paling luas untuk proses penghijauan Hutan dan Lahan tersebut, berada di Kecamatan Wawo. Dan titik-titik lokasi penanaman itu, ditentukan pihak BPBD Provinsi NTB. Sebab itulah, kenapa program tersebut tidak berada pada lokasi-lokasi lain yang diduga pun  rawan bencana. 

"Kalau Donggo memang tidak ada, karena ini jugakan ditentukan oleh BPBD untuk lokasi penanamannya. Sebab, dilihat dari kondisi banjir Bandang Bima 2016 lalu, jadi ini sebagai penyanggah untuk Kota Bima, agar tidak terjadi lagi hal demikian. Dan mungkin untuk wilayah kabupaten lainnya, akan dilaksanakan pada tahap program selanjutnya,"tutupnya.

Untuk diketahui, jumlah penanaman pohon di Kelurahan Lelamase Kota Bima itu, sebanyak 100 bibit tanaman dimaksud. Pun beberapa titik lokasi lainnya saat itu juga memulai penanaman pohonnya.(KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.