Pembinaan dan Penyuluh Agama Islam untuk PNS dan Non PNS Digelar - Kabar Bima

Pembinaan dan Penyuluh Agama Islam untuk PNS dan Non PNS Digelar

Kota Bima, KB.- Seksi Binmas Islam Kemenag Kota Bima, Sabtu (19/01/2019) pagi menggelar Kegiatan pembinaan penyuluh agama islam PNS dan Non PNS. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Kemenag Kota Bima dan diikuti sebanyak 45 orang seperta penyuluh agama non PNS.

Kasi Binmas Islam Kemenag Kota Bima, H.Eka Iskandar, M.Si mengatakan, Perhatian pemerintah terhadap penyuluh agama non PNS sangat luar biasa. Itu terbukti di tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Bima memberikan tambahan uang transport pada penyuluh agama islam non PNS sebanyak Rp. 1 juta.

"Dulu uang transpor para penyuluh agama islam ini hanya Rp.500 ribu, Alhamdulilah Januari 2019 ini naik menjadi Rp. 1 juta," ujar pria yang akrab di sapa pak Eka ini.

Lanjut dia, tambahan uang transport para penyuluh agama ini, sekarang sudah masuk dalam Dipa Binmas Islam Kemenag Kota Bima."Sekarang uang masuk ke Dipa kita," tuturnya.

Dengan dinaikan uang transport tersebut diharapkan, agar kinerja para penyuluh agama islma ini kedepanya bisa lebih baik lagi. Seperti pembuatan laporan secara onlone E-PAI juga harus bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Selain itu kata Eka sapaan akrap, tugas penyuluh agama yaitu, mengajak silahturahmi masyarakat agar suasana di Kota Bima menjelang pilpres dan pileg, bisa berlangsung aman dan damai. Dan masyarakat Kota Bima juga bisa hidup aman dari keributan.

"Bukanya hanya itu saja, tugas penyuluh juga bisa sebagai corong kemenag dimasyarakat, di samping itu juga sebagai bina TPQ buta bacar tulis alqu'an, juga mengisi majelis taklim setiap jumat dan mensosialisasikan kebijakan pemerintakan kepada masyarakat. Sementara untuk tugas di kantor KUA yaitu terselenggarannya administrasi dengan baik dan benar,"pungkasnya.

Lanjut dia, pada momen kali ini, selain membicarakan transport (honor) Penyuluh agama, disisi lain juga dibahas tentang jumlah masjid, mushola dan langgar yang ada di Kota Bima.

"Data Masjid di Kota Bima tahun 2017 sebanyak 238 masjid, mushola 147 dan langgar 49. Data jumlah masjid, moshola dan langgar ini bertahan sampai 2018. Data tahun 2017 akumulasi 2018 dan data 2018 akumulasi tahun 2019," jelasnya.

Tambah dia, data-data yang disebutkan diatas harus disingkronkan lagi dengan data yang ada pada Dewan Mesjid Indonesi (DMI) dan Kemenag Kota Bima. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.