Pemkot Bima Mulai Proses Pengadaan Barang dan Jasa Menggunakan Sistim Elektronik - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Pemkot Bima Mulai Proses Pengadaan Barang dan Jasa Menggunakan Sistim Elektronik

Kota Bima, KB.- Di Tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Bima mulai menerapkan pola pengadaan barang dan jasa menggunakan sistim elektronik baru. Itu sesuai dengan Pepres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa. Dan proses pemilihan penyediaannya pun sedikit berbeda dengan tahun lalu. Begitu yang diungkapkan Plt.Kabag APP dan LPBJ Kota Bima, Iskandar Julkarnain, kepada kabarbima.com Jumat (25/01/2019).

Iskandar Julkarnain.
"Tahun lalu proses pelaksanaan pengadaan masih manual. Per Januari 2019 ini, pelaksanaannya harus menggunakan pemilihan secara elektroknik melalui LPSE. Tapi prosesnya tetap melalui pejabat pengadaan yang ada di masing- masing SKPD," katanya.

Pada prinsipnya, proses manual maupun elektronik ini hampir sama, yaitu tetap melalui proses lelang. Cuman, proses elektronik lebih terjamin.

"Jadi dengan menggunakan sistim elektronik ini, dapat diperkirakan pelaksaan pembangunan paling cepat bulan Februari atau Maret," jelasnya.

Terkait dengan penggunaan sistim eletronik ini, kata Is sapaan akrabnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan PPK di masing-masing OPD.

"Kita sudah melakukan sosiasasi dengan OPD terkait dengan cara penggunaanya," ujarnya.

Tujuannya yaitu, untuk memberikan pemahaman kepada PPK terkait cara penggunaan dan pengopersian aplikasi LPSE terbaru.

"Aplilasi ini sangat mudah digunakan. Dengan menggunakan Hendpone (HP) juga kita bisa buka," pungkasnya.

Hal lain juga disampaikan Iskandar, bahwa untuk saat ini pihaknya sedang dalam proses persiapan dokumen perencanaan tahun 2019.

"Sekarang kita lagi dalam proses persiapan perencanaan, termasuk menyiapkan Sistim Informasi Umum Pengadaan (Sirup). Dan sirup ini nantinya akan jadi dasar pelaksanaan program pembangunan tahun 2019," katanya.

Seluruh persiapan tersebut diperkirakan akan final awal bulan Februari mendatang. Dan seluruh program kegiatan fisik baru bisa dilaksanakan sekitar bulan Februari dan Maret.

"Pelaksaan kegiatan fisik, akan kami usahakan secepatnya. Dan sekarang kita masih menuggu penjemputan sirup dari masing-masing OPD," katanya.

"Kita tetap mengakomodir semua program kegiatan yang ada dalam visi misi Walikota dan Wakil Walikota Bima," pungkasnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.