RSUD Bima Terus Berbenah, Tahun Ini Sudah Punya Alat CT Scan - Kabar Bima

RSUD Bima Terus Berbenah, Tahun Ini Sudah Punya Alat CT Scan

Alat CT Scan yang baru dibeli RSUD Bima, dalam proses instalasi.
Bima, KB.- Dari tahun ke tahun, Rumah Sakit Umum Daerah Bima (RSUD) terus berbenah. Selain berbenah dalam soal pelayanan, juga pada aspek fasilitas yang menunjang pelaksanaan pelayanan. Itu terlihat dari banyaknya fasilitas baru yang disediakan pihak RSUD Bima, seperti dibangunnya gedung atau ruangan-ruangan baru, termasuk menyediakan alat CT Scan.

"Tahun ini RSUD Bima juga membangun gedung Radiologi, yang di dalamnya ada alat CT Scan. Ini dihajatkan dalam rangka peningkatan pelayanan untuk masyarakat. Dalam waktu dekat, sekitar bulan Maret alat itu sudah bisa dipakai, karena alatnya sudah datang dan sedang diinstalasi,"jelas Sekretaris RSUD Bima, H. Muhammad Suharto, S.Kep kepada kabarbima.com, di ruang kerjanya, Selasa 15/01/2019). 

H. Muhammad Suharto, S.Kep.
Dijelaskannya, sebelumnya RSUD Bima belum punya alat ini, sehinga pasien yang membutuhkan pelayanan alat ini, harus dirujuk ke Mataram. CT Scan adalah pemeriksaan medis yang menggunakan teknologi sinar X dan komputer sekaligus. Pemeriksaan ini membuat tim medis dapat melihat apa yang terjadi di dalam tubuh pasien. 

"Bisa dibilang CT Scan adalah alat yang digunakan untuk membaca kondisi tubuh seseorang. Pemeriksaan ini lebih jelas serta lebih rinci ketimbang pemeriksaan rontgen. Dokter biasanya meminta kita untuk melakukan pemeriksaan CT Scan untuk melihat masalah pada tulang dan sendi. Alat ini mampu mendeteksi adanya patah tulang atau tumor di tulang. Mendeteksi tumor, penggumpalan darah, dan infeksi. Jika Anda mengalami suatu kondisi kesehatan khusus seperti kanker, penyakit jantung, atau gangguan fungsi hati, maka dokter menggunakan pemeriksaan ini untuk melihat perkembangan penyakit yang anda derita," jelasnya detail.

Lanjutnya, alat ini dibeli RSUD dengan harga sekitar Rp. 5 Milyar, dengan sumber dana yang dikumpulkan dari pendapatan RSUD.

"Dari pendapatan RSUD, sebagiannya disisihkan untuk beli alat, tidak dibagikan semua. Untuk tenaganya nanti, kami sudah menghubungi Kampus UNHAS Makassar dan DepKEs RI untuk mengirimkan tenaga spesialis radiologi yang akan bertugas di ruangan itu," tandasnya. (KB-01/ADV)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.